Edukasi

10 Universitas Terbaik di Indonesia

Bingung memutuskan mau kuliah di mana? Berikut daftar perguruan tinggi terbaik yang mungkin bisa jadi pertimbangan.

Avatar Written by Kreta Amura
· 3 min read >
Universitas Tertua di Indonesia

Mendaftar dan belajar ke perguruan tinggi merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan kompetensi dan nilai jual kita, khususnya ketika persaingan tenaga kerja di masa depan semakin ketat saja.

Kualitas institut atau lembaga pendidikan, kemudian menjadi satu poin penting yang patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya, beberapa universitas digadang melahirkan tokoh-tokoh hebat, yang mana membuatnya layak untuk disebut sebagai salah satu dari jajaran universitas terbaik di Indonesia.

Hanya saja, melihat universitas dari lulusan yang dihasilkannya saja tidaklah cukup untuk menilai kinerja dan nilai sebuah perguruan tinggi. Faktanya, mereka orang besar dan berpengaruh dapat lahir dan berkembang dari berbagai lingkungan yang tidak memungkinkan. Tapi, peran lembaga pendidikan tetap menjadi suatu faktor yang menentukan dan patut untuk dipertimbangkan.

Berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh Kementrian Riset dan Pendidikan tinggi, melalui kriteria kualitas SDM, manajemen, kegiatan mahasiswa, dan penelitian serta publikasi, berikut 10 Universitas Terbaik yang ada di Indonesia.

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung via thinkgeoenergy.com

Teknologi menjadi senjata ampuh dan dibutuhkan di era ini. Tidak heran, Institut Teknologi Bandung digadang sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Tidak hanya dari segi lulusan yang dapat diserap secara cepat, namun juga dari serangkaian kriteria yang telah disebutkan. Kualitas publikasi dan penelitian pada ITB menjadi kuncinya.

2. Universitas Gadjah Mada

Rektorat Universitas Gadjah Mada via jogja.tribunnews.com

Menjadi salah satu universitas terbaik di Kota Pelajar Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, yang juga digadang sebagai universitas kerakyatan menempati posisi kedua sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Kualitas manajemen dan ragam kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa mendapatkan nilai sempurna.

3. Institut Pertanian Bogor

Gedung Andi Hakim Nasoetion via pingpoint.com

Meskipun pertanian kerap dipandang sebelah mata, namun kualitas dari lulusan dari Institut Pertanian Bogor tidak dapat diragukan lagi.

Salah satu kunci dari keberhasilan IPB dalam menyabet posisi ketiga sebagai universitas terbaik di Indonesia adalah pada kualitas pengelola dan sumber daya manusia yang dimilikinya.

Selain itu, eksistensi IPB ini masih dirasa penting dan relevan, karena akar-rumput dari bangsa ini dan potensi besar yang dimilikinya tidak boleh diabaikan begitu saja.

4. Universitas Indonesia

Rektorat Universitas Indonesia via news.detik.com

Menyandang gelar sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia, Universitas Indonesia menempati posisi keempat dalam daftar 10 universitas terbaik.

Meskipun tidak termasuk dalam tiga besar, namun posisi UI sedari dulu tidak pernah bergeser lebih dari 5 besar terbaik, selalu menjaga konsistensi kualitas dan prestasi para lulusannya.

Selain dari kualitas yang tidak diragukan, UI memiliki latar belakang, sejarah dan menyimpan nilai-nilai luhur dari seni arsitek dan bangunan yang tidak dimiliki oleh universitas lainnya.

5. Institut Teknologi 10 November

Rektorat ITS via its.ac.id

Adalah universitas kedua yang menempati daftar 10 universitas bergengsi di Indonesia setelah Institut Teknologi Bandung yang bertengger pada posisi pertama.

Meskipun kini hanya berada pada posisi kelima, sebagaimana permintaan akan tenaga ahli di bidang tekonologi, peringkat ITS diperkirakan akan merangkak mendahului pesaing yang telah sukses mendahuluinya.

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya via kumparan.com

Berada di sisi timur Pulau Jawa, jauh dari Ibu Kota Republik Indonesia, universitas Brawijaya menempati posisi keenam sebagai universitas paling berkualitas di Indonesia.

Pencapaian UB dalam daftar 10 ini tentu harus diapresiasi, pasalnya UB telah berhasil menggenjot prestasinya dalam 10 tahun terakhir, dari peringkat sepuluh ke atas dan mampu bertahan secara konsisten hingga tahap ini.

Adalah kualitas manajemen, yang menjadikan UB sebagai kandidat kuat yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

7. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran via quipper.com

Universitas yang menyediakan fasilitas odong-odong gratis ke seluruh penjuru kampus ini menempati urutan ke tujuh dari sepuluh universitas terbaik di Indonesia.

Selain kualitas SDM dan manajemen yang dapat dikatakan unggul dari universitas lainnya, daya tarik yang tidak bisa ditampik dari kampus ini adalah beberapa bangunan dan arsitektur tua yang melegenda, yang akan selalu membuat setiap orang teringat dengan sejarah besar negeri ini.

Peninggalan berupa bangunan tua yang sarat akan makna sejarah salah satunya dapat kamu temukan pada Jembatan Cincin.

8. Universitas Airlangga

Gemerlap UNAIR via hipwee.com

Dikenal sebagai kampus penghasil dokter terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga menempati posisi ke delapan dalam jajaran 10 besar universitas terbaik di negeri ini.

Meskipun sungguh disayangkan, karena beberapa tahun ke belakang universitas ini sempat berada pada tiga besar universitas terbaik, namun masih ada waktu dan kesempatan untung mengejar ketinggalan.

Setidaknya, menjadi 10 besar merupakan suatu prestasi tersendiri. Universitas Airlangga terbagi menjadi tiga kampus, kamu bisa mendapati gaya unik dari bangunan bekas belanda pada kampus A Universitas Airlangga.

9. Universitas Sebelas Maret

Rektorat UNS via mediaindonesia.com

Universitas Sebelas Maret atau yang biasa dikenal UNS merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di kota Solo, The Spirit of Java. Bagi kamu yang menginginkan suasana belajar yang kondusif, maka UNS menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkannya.

UNS dikerumuni oleh puluhan pepohonan rindang yang akan meneduhkan setiap kegiatan mahasiswa beserta dengan suasana hati yang sedang muram.

10. Universitas Diponogoro

Fakultas Hukum Universitas Diponogoro via sweetrainbowcake.wordpress.com

Pada peringkat terakhir, adalah Universitas Diponegoro, adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.


Meskipun berkuliah di universitas terbaik dan bergensi itu penting, namun hal tersebut tidak benar-benar menentukan kesuksesan seseorang. Banyak dari mereka yang bisa hidup berkecukupan, bahkan berlebihan meskipun hanya lulus dari universitas pinggiran.

Apa yang terpenting dari segalanya adalah tekad dan perjuangan yang kita berikan. Selama kita memberikan yang terbaik dari apa yang bisa diupayakan, maka hasil dari kesabaran tidak akan pernah mengecewakan.

Selamat berjuang!

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *