Edukasi

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan impian dari hampir seluruh calon mahasiswa yang ada di Indonesia. Banyak hal positif dan membanggakan yang bisa...

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
UK Petra Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan impian dari hampir seluruh calon mahasiswa yang ada di Indonesia. Banyak hal positif dan membanggakan yang bisa diharapkan dari universitas negeri. Selain dari harganya yang merakyat, universitas negeri menawarkan kualitas, gengsi dan prestis yang tinggi.

Akan tetapi, bukan berarti PTS atau universitas swasta tidak memilikinya. Meskipun harus merogoh lebih banyak uang untuk bisa mendaftar, kamu juga bisa mendapatkan kualitas, gengsi dan prestis yang tak kalah dari PTN atau universitas negeri yang selalu menjadi primadona.

Faktanya, beberapa universitas swasta bahkan bisa dikatakan lebih unggul dari universitas negeri karena tidak begitu terikat dengan serangkaian aturan kenegaraan yang cenderung bersifat administrative, formal, alih-alih substantive. Sehingga, bagi kamu yang menginginkan suatu lingkungan yang mendobrak, tidak biasa tapi tetap mampu membawamu menjadi pribadi yang luar biasa, PTS atau universitas swasta adalah pilihan kuliah terbaik.

Lalu, universitas swasta mana saja yang layak dan wajib masuk dalam daftar pertimbanganmu? Berikut kami hadirkan 10 universitas atau perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia!

1. Universitas Kristen Petra

Gedung UK Petra via surabaya.tribunnews.com

Berada pada urutan ke-15 dalam daftar universitas terbaik menurut Kemenristekdikti pada tahun 2018, mengalahkan 3305 perguruan tinggi maupun swasta lainnya, Universitas Kristen Petra layak dianugrahi gelar sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia.

2. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma menyusul setelahnya sebagai universitas swasta terbaik kedua di Indonesia. Berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, universitas ini juga layak disebut sebagai jawara karena menduduki gelar sebagai universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Sebuah kebanggaan dan prestasi yang tak bisa ditolak, karena telah berhasil menyingkirkan universitas lainnya yang ada dan bahkan telah berdiri lebih lama di kota pendidikan Yogyakarta.

3. Universitas Katolik Parahyangan

Tiga peringkat teratas dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia berada di jantung provinsi. Jika Universitas Kristen Petra memegang kuasa di kawasan timur Pulau Jawa, sementara Universitas Sanata Dharma memegang kuasa di kawasan tengah Pulau Jawa, maka Universitas KAtolik Parahyangan memegang kuasa di belahan bagian barat Pulau Jawa.

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Meskipun berada di urutan ke-4 dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik, namun Universitas Muhammadiyah Malang berhasil mencetak angka dengan merebut gelar universitas muslim terbaik di Indonesia, mengalahkan banyak universitas swasta dengan konsep dan landasan islam yang bertebaran di seluruh penjuru Nusantara.

5. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Dikenal sebagai satu dari 50 Promising Indonesian Universities oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, UKWMS berada di peringkat ke-5 dalam jajaran 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. UKWMS telah menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul berturut-turut sejak tahun 2010 hingga 2018 dalam bidang Tata Kelola, Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari LLDIKTI VII Jawa Timur.

6. Universitas Islam Bandung

Menjadi salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Kota Bandung, Universitas Islam Bandung menduduki peringkat ke-6 dalam jajaran ini. Adapun UNISBA lahir atas gagasan para tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat akan adanya perguruan tinggi yang bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim. Melalui konsep tersebut, UNISBA berupaya sekuat tenaga untuk mencetak seorang mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu) dalam tatanan masyarakat yang berlandaskan syari’at Islam.

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dinekal dengan dengan karakteristik kampus yang terpisah-pisah. Tidak heran, universitas swasta yang satu ini telah berhasil melahirkan banyak percabangan baik di dalam maupun di luar kota yang telah memiliki kiprahnya dan berdiri secara mandiri. Misalkan saja Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Atma Jaya Makassar.

8. Universitas Muslim Indonesia

Dari segi usia, Universitas Muslim Indonesia dapat dikatakan sebagai universitas islam tertua sekaligus universitas swasta terbesar di kawasan Indonesia timur. Masuknya UMI dalam jajaran 10 universitas swasta terbaik di Indonesia juga sekaligus menetapkan universitas ini sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di kawasan Indonesia Timur. Bagi kamu yang berasal dari sisi timur, dan tidak dapat menjangkau universitas terkemuka di Jawa karena berbagai alasan, maka UMI bisa menjadi pilihan.

9. Universitas Katolik Soegijapranata

Masuknya Universitas Katolik Soegijapranata dalam jajaran ini juga sekaligus mencetak prestasi, bahwa perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1964 ini merupakan universitas swasta terbaik di Semarang, Jantung Provinsi Jawa Tengah. Bagi kamu yang ingin berkuliah di Semarang, dan sedang mempertimbangkan perguruan tinggi swasta, maka Universitas Katolik Soegijapranata merupakan pilihan terbaik.

10. Universitas Bina Nusantara

Universitas yang pada tahun 1974 tak lebih dari sekedar institusi pelatihan komputer Modern Computer Course, kini berubah menjadi satu dari sekian banyak universitas swasta bergengsi di Indonesia. Sebagaimana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Bina Nusantara juga telah dikenal mampu mencetak dan melahirkan cabang perguruan tinggi yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Kualitas dari sebuah perguruan tinggi merupakan salah satu faktor penentu proses belajar mahasiswa. Sementara itu, prestis dan gengsi yang didapatkan jika masuk dalam satu dari sekian perguruan tinggi terbaik di indoneisa dapat memacu rasa percaya diri dan semangat dalam diri mahasiswa.

Tapi itu semua belumlah cukup. Lebih dari itu, dibutuhkan kesungguhan, kerja keras, ketekunan dan kesabaran dalam melalui setiap proses dan tahapan untuk menjadi pribadi yang sukses. Perguruan tinggi hanyalah wadah, eksternalitas yang mampu mendukung usaha dan kerja keras seseorang, sementara itu, internalitas, atau motivasi yang ada pada diri seoranglah yang benar-benar menjadi penentu kesuksesannya di masa depan.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *