Edukasi

5 Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Mulai dari kampus berbasis teknologi, sampai dengan kampus negeri dan swasta yang tidak bisa diremehkan.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Universitas dengan Jurusan Teknologi Terbaik di Indonesia

Teknologi Informasi mempermudah proses difusi informasi dan memicu percepatan arus globalisasi. Teknologi sendiri berkembang begitu pesat, seiring dengan banyaknya orang yang terlibat dalam mengembangkannya, baik secara teoritis, akademis, maupun praktis.

Sebagaimana teknologi informasi memiliki peran penting di era ini, teknologi tetap akan menjadi sektor utama dan dominan di masa mendatang. Untuk itu, lulusan atau sarjana IT akan selalu dicari dan bahkan dibutuhkan pada setiap sektor industri. Bahkan untuk industri konvensional sekalipun, mereka tetap membutuhkan lulusan IT.

Untuk itu, kuliah di fakultas atau jurusan teknologi informasi menjadi langkah yang menjanjikan untuk membangun masa depan. Beberapa universitas memiliki fakultas dan jurusan IT terbaik. Akan tetapi, beberapa kampus atau universitas nyatanya muncul dengan konsep yang sedari awal berfokus pada pengembangan ilmu dan praktik di bidang teknologi.

Perguruan tinggi tentu memiliki peranan besar dalam menentukan keberhasilan seseorang. Memilih universitas yang tepat menjadi penting untuk dilakukan. Untuk itu, berikut 5 kampus atau universitas denga jurusan IT terbaik di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah universitas negeri, sedangkan sisanya merupakan perguruan tinggi swasta. Meskipun demikian, mereka adalah yang terbaik di kelasnya.

1. Institut Teknologi Bandung

ITB via thinkgeoenergy.com

Menyandang gelar sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Kemenristekdi pada tahun 2018, dan secara konsisten tidak pernah tergelincir dari 3 besar peringkat kampus terbaik dalam 10 tahun terakhir, ITB menawarkan fakultas dengan jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan ini, maka ITB menjadi pilihan terbaik.

2. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

Rektorat ITS via its.ac.id

Berlokasi di Surabaya, ITS menjadi salah satu kampus berbasis teknologi yang juga tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya teknik informatika, ITS juga menawarkan berbagai macam jurusan pendukung yang bisa menjadi pilihan alternatif jika jurusan teknologi informasi kiranya terlalu berat untuk didapatkan.

Hidup bersama orang-orang dengan passion dan ketertarikan yang sama, serta fasilitas yang mendukung tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa.

3. Universitas Indonesia, Depok

Rektorat UI via news.detik.com

Selain dari beberapa kampus berbasis teknologi, kampus dengan konsep umum seperti Universitas Indonesia juga layak untuk dipertimbangkan. Jurusan IT yang ada di Universitas Indonesia sendiri tergabung di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

Selain dari gengsi karena bisa berkuliah di salah satu universitas tertua dan bergengsi di Indonesia, kamu juga akan mendapatkan core skill yang teruji, serta soft skill yang mumpuni untuk menghadapi tantangan dunia kerja dan bisnis, jika ingin memulai usaha dengan memanfaatkan pengetahuan teknologi yang telah kamu dapatkan.

4. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Rektorat UGM via jogja.tribunnews.com

Sebagaimana UI, meskipun tidak hanya berfokus menawarkan fakultas dan jurusan teknologi, namun reputasi UGM sebagai salah satu kampus terbaik di Kota Pelajar Yogyakarta ini tidak bisa diragukan lagi.

Selain menawarkan nama baik, kualitas sumber daya manusia, kurikulum dan sistem pendidikan, fasilitas serta lingkungan belajar UGM sangatlah mendukung bagi kamu calon mahasiswa baru. Ditunjang dengan banyak destinasi wisata dan hiburan, UGM menjadi kampus impian setiap orang.

5. Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Binus University via serpongku.com

Meskipun Universitas Negeri dipandang lebih bergengsi, namun Perguruan Tinggi swasta juga tidak boleh diremehkan. Dengan spesialisasi pengembangan teknologi dan komputer, Universitas Bina Nusantara, atau yang lebih dikenal BINUS, berada dalam daftar terakhir sebagai 5 kampus dengan jurusan TI terbaik di Indonesia.

Selain jurusan IT atau teknik informatika, Binus juga menawarkan banyak jurusan lain yang serumpun sepertihalnya ilmu komputer, sistem komputer, sistem informasi, dan masih banyak lagi.


Meskipun penting untuk mendapatkan kampus atau universitas terbaik dan bergengsi, akan tetapi yang paling penting adalah kesungguhan dan usaha yang kita berikan. Bahkan terkadang, apa yang terpenting bukanlah apa yang kita pelajari di bangku perkuliahan.

Beberapa orang mendapatkan kesuksesannya melalui jaringan dan pengalaman yang mereka bangun selama berkuliah, namun berada di luar ruangan kelas. Selain memiliki keahlian secara teoritis dan praktis, kamu tetap harus mengembangkan softskill dalam berkomunikasi, membangun jaringan, dan menjual kompetensi pada orang-orang yang tepat.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *