Edukasi

10 Universitas dalam Negeri yang Berikan Beasiswa untuk Hafizh Al-Qur’an

Mulai negeri, swasta, sampai kampus yang bernuansa Islami. Berikut yang memberikan peluang beasiswa untuk para Hafizh.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Beasiswa untuk Hafiz Al-Qur'an

Hafizh merupakan sebutan yang digunakan untuk seorang yang mampu menghafalkan 30 juz Al-Qur’an. Dalam pandangan islam sendiri, Hafizh memiliki banyak keistimewaan. Selain jaminan surga, orang-orang yang memberikan bantuan dan kemudahan pada para Hafizh juga mendapatkan manfaat yang berlimpah kelak di akhirat.

Ada banyak sekali universitas atau perguruan tinggi yang memberikan keringanan bagi calon mahasiswa penghafal 30 juz. Mulai dari kemudahan untuk ikut seleksi, pembebasan biaya kuliah, hingga pemberian uang saku bulanan untuk menunjang kualitas hidup para Hafizh penghafal Al-Qur’an ketika belajar.

Kebanyakan dari universitas tersebut adalah universitas dengan basis dan pegangan ajaran agama islam. Akan tetapi, universitas swasta lain, bahkan negeri, juga tidak jarang memberikan bantuan dan kompensasi yang serupa.

Merasa kesulitan untuk menghapalkan Al-Qur’an, 7 universitas bergengsi ini mungkin bisa memberimu sedikit motivasi. Dengan menghafal Al-Qur’an, kamu bisa mendaftar kuliah dan dibebaskan dari biaya pada 7 perguruan tinggi di bawah ini:

1. Universitas Islam Indonesia

Eksotisnya pemandangan rektorat kampus UII via jogja.tribunnews.com

Universitas Islam tertua di Indonesia, yang berlokasi di Yogyakarta ini memberikan dua jenis beasiswa hafizh Qur’an, diantaranya kategori 30 juz dan juga 20 juz. Adapun persyaratan yang diberikan ialah dengan melampirkan rekomendasi ataupun keterangan dari pendamping.

Akan tetapi, hafalan dari calon mahasiswa ini juga akan di tes kembali. Mereka yang hafal 20 juz mendapatkan kemudahan untuk mendaftar di berbagai jurusan yang ditawarkan. Sementara itu, mereka yang menghafal 30 juz penuh akan mendapatkan kompensasi biaya studi, sumbangan Catur Dharma, biaya KKN, serta uang saku setiap bulannya.

2. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Selain memiliki akar histori dan kebudayaan yang kuat, Surakarta juga tempat berdirinya salah satu universitas Negeri yang menawarkan beasiswa untuk para penghafal Al-Qur’an. Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang minimal telah menghafal 20 juz.

Sementara itu, UNS sendiri sudah menerima beberapa hafizh sejak tahun 2012 lalu untuk fakultas ekonomi, fakultas kedokteran, serta fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Selain kemudahan dalam seleksi masuk, beasiswa juga mencakup kompensasi biaya kuliah, hingga tunjangan hidup bulanan.

3. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Beasiswa yang diberikan oleh UNISBA pada awalnya hanya berlaku untuk Fakultas Agama Islam saja. Akan tetapi, lama kelamaan beasiswa ini terbuka untuk sebagian besar jurusan di UNISBA. Sebagaimana apa yang diberlakukan di UII, program beasiswa Hafizh Qur’an di UNISBA terbagi menjadi dua.

Mereka yang mampu menghafal sampai dengan 30 juz akan dibebaskan dari seluruh biaya perkuliahan mulai dari awal pertama kuliah hingga lulus. Sementara itu, mereka yang mampu menghafal kurang dari 30 juz pun dipersilahkan untuk menghafal, namun dengan jangkauan beasiswa yang terbatas.

4. UIN Alauddin Makassar

Perrguruan tinggi yang memberikan beasiswa bagi para Hafizh tidak hanya ada di Pulau Jawa saja. Bagi kamu yang berlokasi di luar pulau jawa, khususnya di belahan Indonesia timur, UIN Alauddin Makasar bisa menjadi pilihan. Beasiswa Hafizh yang diberikan oleh kampus yang berada di Makassar ini terbagi ke dalam tiga jenis.

Mereka yang mampu menghafal 1 sampai dengan 10 juz akan dibebaskan biaya kuliahnya selama dua semester. Sementara itu untuk para penghafal 11 sampai dengan 20 jus, biaya kuliah akan dibebaskan sampai empat semester. Untuk hafizh yang berhasil menghafal 21 sampai dengan 30 juz, maka pembebasan biaya kuliah akan diberikan sampai dengan delapan semester atau hingga lulus.

5. Universitas Merdeka (UNMER) Malang

Meskipun bukan merupakan universitas dengan basis dan landasan islam sebagaimana apa yang tercermin dari namanya, namun Universitas Merdeka memberikan bantuan beasiswa bagi para penghafal Al-Qur’an. Tidak tanggung-tanggung, jenis beasiswa yang diberikan UNMER pada para hafizh adalah beasiswa penuh untuk berbagai program studi.

Dalam menyeleksi calon mahasiswanya, Universitas Merdeka bekerjasama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa AL Hikam. Beasiswa ini diberikan oleh para donatur seperti dosen maupun karyawan. Dengan memberikan beasiswa bagi para penghafa Al-Qur’an Rektor UNMER berharap dapat memberikan warna baru pada setiap kegiatan kemahasiswaan.

6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya

Dalam sebuah acara yang menampilkan berbagai hafizh muda dari seluruh dunia, Rektor IITS merasa tergugah, hingga mendeklarasikan bahwa siapapun yang bisa menghafal 30 juz dapat mengambil jalur khusus untuk mendaftar di ITS.

Tidak hanya sampai di sana, para penghafal Al-Qur’an juga akan dibebaskan dari biaya kuliah di kampus bergengsi tersebut. Hal tersebut diutarakan oleh sang rektor demi mendorong munculnya hafizh-hafizh baru yang tidak hanya berkualitas di akhirat, namun juga dapat memberikan kontribusi yang baik bagi ilmu pengetahuan.

7. Telkom University Bandung

Meskipun mengedepankan teknologi dan informasi, namun nyatanya Telkom University yang merupakan gabungan sejumlah politeknik dan institute Telkom membuka kesempatan yang luas bagi penghafal Al-Qur’an. Beasiswa yang ditawarkan Telkom sendiri terbagi menjadi dua, yaitu yang diperuntukkan untuk penghafal 20 juz, serta 30 juz.

Meskipun demikian, jumlah yang diberikan masih sangat terbatas. Kamu harus bersaing dengan hafizh lainnya karena harus menyetor nilai rapor, sertifikat prestasi, serta berlanjut pada tes praktik dan wawancara.

Selain dari pembebasan biaya kuliah yang dilakukan oleh tujuh universitas di atas, beberapa perguruan tinggi negeri juga memberikan beragam kemudahan bagi para penghafal Al-Qur’an. Sepertihalnya kelonggaran dalam seleksi masuk dan penyediaan jalur khusus untuk para Hafizh.

Apa lagi yang kamu tunggu? Buka Al-Qur’anmu dan mulailah menghapal! Tidak hanya mendapat jaminan di akhirat, Allah pun akan menjamin kehidupan dan keselamatan setiap umat yang mampu dan berkeinginan besar untuk menghafal kalamnya.

Ilustrasi Hafiz Al-Qur’an via muslim.okezone.com

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *