Travel

5 Tips untuk Menghindari Copet dan Jambret Saat Traveling

Kecuali kamu anak sultan, dan ingin bersedekah kepada sesama tanpa seorangpun yang tahu, kamu bisa abaikan tips ini.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Kelakuan Aneh Sasaeng Fans Korea Selatan

Jambret, merupakan satu dari sekian banyak masalah yang akan membuat perjalanan wisata kamu berantakan. Bagaimana tidak, jika seluruh akses dan sumber dana yang telah kamu siapkan telah berpindah tangan.

Belum lagi, kamu harus menghadapi kenyataan bahwa surat-surat penting dan berharga telah hilang. Memaksamu untuk mengurusnya saat itu juga. Akibatnya, momen liburan yang menyenangkan, dan telah kamu tunggu-tunggu sejak lama justru berubah menjadi momen penuh penyesalan dan kemarahan.

Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan cara-cara yang mudah dan sederhana. Meskipun tidak seratus persen membuat kamu aman dari penjambertan, tips berikut ini layak untuk kamu coba saat melakukan perjalanan wisata.

1. Siapkan Uang Tunai Seperlunya Saja

Bukan ajang menunjukkan seberapa banyak kekayaan via istockphoto.com

Uang tunai yang kita bawa menjadi sarana penting dalam berwisata. Tidak hanya untuk menaiki wahana, uang tunai yang kita bawa saat bepergian jauh dapat memberikan rasa aman kalau-kalau ingin membeli sesuatu di jalanan. Pasalnya, tidak semua toko menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.

Akan tetapi, ada baiknya kamu hanya membawa uang tunai seperlunya saja.

Uang tunai yang banyak dalam dompet bagaikan menaruh telur dalam satu keranjang. Jika kamu terpaksa membawa banyak uang tunai, pastikan untuk membaginya ke dalam beberapa lokasi. Misalkan di dompet, saku, tas, dan di bawah kaus kaki.

2. Tas dan Dompet yang Sesuai

Tetap stylish saat traveling via upgradedpoints.com

Tas dan dompet untuk bepergian ke tempat jauh dan terasing, tentu berbeda denga tas dan dompet yang biasa kita pakai untuk pergi ke mall atau hang out di sekitar daerah yang kita kenal. Pastikan untuk selalu membawa tas dan dompet yang nyaman dan tidak berlebihan, mudah dibawa kemana saja, serta tidak memancing perhatian.

Saat ini, banyak beradar tas dan dompet khusus yang didesain untuk traveling. Umumnya, desainnya sederhana, ramping dan kecil. Bahkan beberapa diantaranya dilengkapi dengan sistem anti maling.

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk membeli sebagai bentuk investasi kita. Ketika membawa tas selempang, selalu posisikan tas berada di depan untuk mencegah hal-hal tak diinginkan terjadi tanpa pengawasan.

3. Tidak Bermain Ponsel di Sambil Berjalan

Berjalan sambil bermain ponsel via timesknowledge.in

Berada di kendaraan sepertihalnya kursi belakang sepeda motor, kereta, atau bahkan bus memang terkadang membosankan. Tidak jarang, ponsel menjadi satu-satunya hal yang dapat membunuh kebosanan. Akan tetapi, hal tersebut akan menurunkan kewaspadaan, sekaligus memperbesar kemungkinan terjadinya tindakan yang tidak diinginkan.

Seseorang bisa saja menyelinap, mengambil ponselmu, dan lari bahkan sebelum kamu sempat berteriak maling. Hindari menggunakan ponsel saat kamu berada di kendaraan, baik kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum.

Hanya gunakan jika benar-benar perlu, dan menepilah jika kamu ingin menggunakannya saat berada di perjalanan. Hati-hati, mengendarai kendaraan sambil memainkan ponsel sangatlah berbahaya.

4. Selalu Waspada Saat Berada di Jalanan

Hati-hati dalam menyebrang jalan via shutterstock.com

Pejalan kaki merupakan orang yang sangat rentan terdahap penjambretan. Khususnya, penjambretan yang dilakukan oleh oknum yang menggunakan kendaraan seperti sepeda motor, ketika kamu sedang berada dalam keramaian, atau sedang berdesak-desakan. Bekali diri dengan peralatan keamanan, sepertihalnya gunting yang bisa kamu ambil kapanpun dengan mudah, atau barang lain yang dapat digunakan untuk membela diri.

Cobalah untuk selalu terlihat santai dan tida kebingungan ketika berada di jalan. Sebisa mungkin, tahan hasratmu untuk menggunakan ponsel khususnya saat berjalan kaki agar bisa leluasa mengawasi sekitar.

Hindari berjalan di jalanan yang sepi. Apabila ada orang mencurigakan yang berusaha mendekatimu, cobalah untuk menyapanya, dan pastikan untuk menatap langsung matanya. Tindakan tersebut dalam banyak akan membuat orang-orang yang ingin berniat jahat menjadi urung.

5. Tidak Mengenakan Perhiasan Menyolok

Aksesori yang menarik perhatian via spey.com

Menggunakan aksesoris dan perhiasan, walaupun itu palsu, seolah mengundang para kriminal untuk menjamah diri kita. Jika kamu bepergian, khususnya ke tempat yang tidak kamu kenal dan memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi, ada baiknya kamu menekan hasrat untuk berdandan dan bermewah-mewahan.

Bahkan jika dibutuhkan, berpakaianlah layaknya apa yang digunakan oleh para penduduk lokal. Selain akan mendapatkan harga yang lebih murah, ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berhasil berkamuflase menjadi penduduk lokal. Salah satunya adalah keamanan dan kenyamanan dalam mengelilingi seluruh plosok jalan.

Selain dari jambret itu sendiri, ada banyak tindak kriminal yang mungkin kamu temui saat melakukan perjalanan wisata. Beberapa diantara tips menghindari penjambret di atas dapat juga kamu gunakan untuk mencegah tindak kriminal yang dimaksudkan. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik bagi kita untuk tetap waspada, di manapun dan kapanpun juga.

Ilustrasi copet dan jambret via istockphoto.com

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *