Travel

7 Tips Bepergian ala Solo Traveler

Ada banyak resiko dan bahaya yang menanti solo traveler. Tips ini bisa pastikan kamu selamat sampai tujuan dan pulang dengan aman.

Avan Fadli Written by Avan Fadli
· 3 min read >
Tetap Tenang Saat Traveling

Solo Traveler merupakan mereka, yang memutuskan untuk traveling sendirian tanpa ada yang menemani. Biasanya, mereka yang melakukan solo traveling adalah orang yang kesehariannya bertautan dengan banyak orang, dan ingin melepas penat dengan menyendiri ke suatu tempat.

Selain mendapatkan pengalaman baru, solo traveler juga suatu kegiatan yang menantang bagi beberapa orang. Bayangkan, kamu berada di tempat yang asing, tanpa seorangpun yang kamu kenal dan bisa diajak untuk bertukar pikiran ketika kesusahan datang.

Meski kebanyakan lebih bersifat spontanitas, akan tetapi kegiatan solo traveling juga membutuhkan perencanaan yang matang. Apalagi, ketika kamu berencana untuk pergi ke suatu tempat yang asing. Berbeda kasusnya jika kamu telah sering bepergian ke tempat tersebut dengan teman, namun memutuskan untuk pergi sendiri kali ini.

Mempersiapkan segalanya dengan matang sebelum memulainya merupakan salah satu syarat agar travelingmu berjalan mulus tanpa kendala. Bagi kamu yang ingin mencoba pengalama baru dengan solo traveling, dan itu merupakan pengalaman pertama bagimu, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar momen liburanmu berjalan dengan sempurna.

1. Lakukan Survei dengan Cermat

Survey destinasi yang akan disinggahi via vacation.com

Saat traveing sendirian, kamu perlu melakukan survei dan mengumpulkan informasi sebanyaknya tentang destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Bagaimana cara pergi kesana, ongkos perjalanan, makanan yang bisa kamu makan, resiko perjalanan, hingga cara untuk kembali dengan selamat.

Menyusun perencanaan dengan sedetail mungkin membantumu untuk pergi dan pulang dengan cara yang paling efektif dan efisien. Pastikan kamu mana tempat yang harus dituju, makanan yang harus dimakan, acara yang harus dihadiri, tempat untuk meminta pertolongan dan mendapatkan bantuan kapanpun dibutuhkan, serta beberapa persiapan penting lainnya sebelum berangkat traveling.

2. Menyusun Jadwal & Tujuan, Serta Menyalinnya

Membuat travel itinerary via blog.oncallinternational.com

Selain untuk mengoptimalkan waktu dan anggaran, menyusun jadwal dan merinci kegiatan selama solo traveling dapat memberikan kamu rasa aman dan nyaman selama berada dalam perjalanan. Pastikan untuk membuat salinan, dan memberikannya pada keluarga atau orang yang kamu percaya.

Beri selalu beri tahu orang yang dimaksud apabila kamu membuat perubahan jadwal. Hal tersebut sangatlah penting agar keluarga atau teman terdekat dapat melacak keberadaan kamu jika terjadi sesuatu (mudah-mudahan tidak) pada kita.

3. Menyimpan Uang di Tempat yang Aman

Tas pinggang stylish untuk traveling via upgradedpoints.com

Membawa uang lebih mungkin akan membantu kamu jika ingin berbelanja dan membeli oleh-oleh. Tapi jika kamu traveling sendirian, pikirkan untuk membawa uang secukupnya dan menyimpannya di tempat yang aman. Akan lebih baik lagi, jika kamu membawa pengganti uang berupa debit atau credit card.

Tapi jika terpaksa membawa uang tunai, jangan simpan uang tersebut di satu lokasi yang sama. Pisah lembaran uang ke dalam beberapa bagian, dan simpan dalam lipatan atau tempat rahasia yang sulit dijangkau oleh pencopet atau penjambret. Hindari mengeluarkan, atau menghitung uang kamu di keramaian.

4. Optimalkan Penggunaan Gadget

Gadget untuk traveling via idntimes.com

Bermain dengan gadget dalam waktu lama tanpa kita sadari akan membuat tingkat kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar menurun secara perlahan. Entah itu handphone, kamera, atau jenis gadget lainnya. Akibatnya, kamu akan dengan mudah menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan.

Apalagi, jika gadget yang kamu gunakan tergolong gadget kepunyaan kelas atas atau branded. Mereka akan menandaimu, dan menunggu saat-saat terentanmu sebelum memutuskan untuk merampas gadget itu darimu, atau lebih parahnya, semua barang bawaanmu. Bawalah gadget dengan spesifikasi seadanya, namun cukup untuk digunakan sebagai partner bepergian.

Gunakan mereka seperlunya saja agar tetap bisa digunakan untuk kondisi darurat. Pastikan untuk membawa universal adaptor dan powerbank untuk jaga-jaga. Simpan barang-barang tersebut di tempat yang aman namun tetap terjangkau.

5. Gunakan Pakaian dan Aksesori yang Tidak Menyolok

Simple travel outfit via travelfashiongirl.com

Selalu sesuaikan pakaian dan aksesori dengan tujuan dan tempat kamu berada. Jika tujuanmu adalah mall, atau tempat dengan sekuritas yang terjamin, maka kamu bisa bebas untuk menarik perhatian dengan barang mewah dan berkelas. Akan tetapi, jika tempat yang ingin kamu kunjungi adalah dunia luar yang tidak kamu kenal, apalagi kamu berdiri seorang diri, lebih baik pikir dua kali.

Dengan menggunakan aksesori dan pakaian yang sederhana dan biasa saja, kita hanya akan dipandang sebagai angin lalu, khususnya oleh orang-orang yang tengah menanti kesempatan untuk bisa beraksi dan melakukan kejahatan.

6. Upayakan untuk Lebih Merakyat

Berbaur di tengah masyarakat via hostelworld.com

Menggunakan Google Map atau aplikasi travelling sejenis memang sangat membantu. Namun kamu tidak dapat terus menggunakannya sepanjang berwisata. Akan ada saat dimana gadgetmu telah kehabisan daya, dan hal tersebut merupakan masalah besar apalagi jika kamu serang berwisata sendirian saja.

Untuk itu, gunakan berbagai aplikasi sejenis hanya saat benar-benar dibutuhkan. Alih-alih menggunakan aplikasi untuk memenuhi semua kebutuhanmu, terkadang cara konvensional sangat dianjurkan. Jika kamu tersesat, jangan ragu untuk menanyakan jalan pada penduduk lokal.

Ada banyak informasi menarik yang tidak bisa kamu dapatkan dari aplikasi yang ada pada smartphone. Sepertihalnya jalan pintas tercepat, alternative wisata termurah, tempat makan terenak, hingga pelayanan gratis yang mungkin akan kamu dapatkan jika sedikit mau mengenal mereka.

7. Tetap Tenang & Tidak Terlihat Kebingungan

Membaca dapat menyamarkan gurat keresahan via mahaatvlive.com

Kesalahan terbesar ketika traveling sendirian adalah terlihat kebingungan ketika tersesat di jalan, atau sedang menemukan kesulitan. Hal tersebut justru akan menarik perhatian orang-orang yang memang memiliki niat jahat.

Tetap tenang adalah solusi yang tepat di berbagai kondisi, khususnya saat kamu sedang solo traveling. Hindari memberi tahu orang asing bahwa kamu sedang solo traveling. Jika mereka bertanya, beritahu bahwa kamu sedang menunggu teman atau keluarga, dan pastikan mereka tahu bahwa kamu sedang bepergian bersama kelompok.

Written by Avan Fadli
Berkelana mencari makna kehidupan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *