Edukasi

Sukses Sidang Skripsi dengan 7 Kiat Ini

Ujian skripsi menjadi momen yang menentukan. Agar performamu optimal saat hari H, lakukan 7 tips berikut.

Avatar Written by Kreta Amura
· 3 min read >
Cara Menyiapkan Materi Presentasi yang Baik

Sebagaimana Ujian Nasional di tinggkat SMA sederajat, sidang skripsi merupakan salah satu fase perkuliahan yang cukup menentukan. Meskipun tidak menjamin kesuksesan, namun serangkaian perjuangan dan proses yang dilalui untuk sampai kesana membuat fase ini begitu berkesan.

Memiliki jumlah SKS yang lebih banyak dari pada mata kuliah pada umumnya, hasil penilaian pada sidang skripsi kemudian menjadi begitu penting. Tidak jarang, mengetahui jadwalnya saja terkadang mampu membuat mahasiswa keringatan, bahkan mual karena penuh kekhawatiran.

Untuk mengatasi demam sidang skripsi, cara terbaik ialah dengan mempersiapkan kedatangannya sematang mungkin. Sehingga, tidak tersisa lagi ketakutan, ataupun kekhawatiran yang tidak beralasan. Berikut beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi sidang skripsi. Lengkap dengan tips agar sidang skripsi berjalan lancar.

1. Materi Presentasi

Kesuksesan sidang skripsi bergantung materi presentasi via salesforce.com

Persiapan terbaik untuk menghadapi sidang skripsi adalah dengan menyiapkan materi presentasi minimal tiga hari sebelum sidang skripsi diadakan. Hal ini penting untuk memberikan kamu jeda tiga hari untuk memperbaiki kekurangan, melakukan latihan, hingga menenangkan diri.

Buatlah yang sederhana, dan yang terpenting sistematis dan logis. Bila perlu dan kamu mampu, sajikan data yang ada melalui desain infografis yang mudah dipahami.

Tidak perlu menyantumkan dekor dan ornamentberlebih, karena dosen penguji tidak akan mempertimbangkannya sebagai nilai tambah untuk ujian skripsimu, kecuali kamu ada pada jurusan desan komunikasi visual, atau jurusan sejenis yang menuntut kreativitas tiada batas.

2. Latihan Presentasi

Practice make perfect via integratingwomanleaders.com

Entah itu sendiri, di depan kaca, maupun dengan model simulasi bersama rekan pejuang skripsi lainnya, latihan presentasi mutlak kamu lakukan minimal tiga kali sebelum sidang skripsi yang sesungguhnya.

Biasanya, waktu untuk presentasi hanya dibatasi maksimal lima belas 15 (lima belas) menit saja, dan latihan presentasi penting untuk menentukan poin apa saja yang harus kamu masukkan dalam penjelasan lisan.

Latihan presentasi juga dapat meningkatkan kelancaran pada saat kita menjelaskan, sehingga dosen penguji akan terkesan dengan model komunikasi kita yang tidak gelagapan. Dalam artian, bahwa kita benar-benar telah siap untuk di uji, dan barang kali layak untuk diluluskan. Dengan nilai memuaskan, tentunya.

3. Kenali Dosen Penguji

Dosen penguji skripsi yang killer via steemit.com

Biasanya, dosen penguji berdiri mewakili representasi unsur akademis. Salah satu dari mereka akan lebih banyak bertanya tentang metode, sedangkan sisanya akan berfokus pada pendadaran esensi dan substansi penelitian yang telah kamu lakukan.

Mengenali masing-masing dosen penguji, mengingat-ingat perkuliahan yang pernah mereka sampaikan, apa yang mereka suka dan tidak mereka suka, dapat sedikit membantu kamu untuk memperkirakan reaksi, tanggapan, serta pertanyaan apa yang kiranya akan mereka lontarkan.

Jika kamu cukup lihai untuk mengenali dosen pengujimu, tidak menutup kemungkinan mereka akan berdiri memberikan applause, atau bahkan membelamu di depan dosen penguji yang berusaha menjatuhkanmu.

4. Estimasi Pertanyaan

Membuat list pertanyaan untuk dijawab sendiri via julesandtheothers.com

Menjawab pertanyaan dengan baik dan memuaskan merupakan salah satu indikator penilaian untuk menentukan layak atau tidaknya kamu diluluskan, selain dari hasil penelitian yang telah kamu torehkan dalam segepok lembaran skripsi yang telah dijilid rapi. Untuk mengatasi pertanyaan dosen penguji, kamu harus memperkirakan atau membuat estimasi pertanyaan yang mungkin akan mereka lontarkan.

Tidak hanya bersumber dari kebiasaan dan keseharian dosen penguji, inspirasi pertanyaan dapat kamu dapatkan dari kelemahan-kelemahan yang kamu sendiri sadari dalam skripsi yang telah kamu rampungkan. Jika tidak ada penyelesaian atas kelemahan yang dimaksudkan, kamu harus mencari cara untuk setidaknya berkilah dengan argumen apapun yang bisa digunakan.

Poin penting dari pendadaran atau sidang skripsi, adalah bahwasanya kita memiliki argumen dan dasar yang cukup fundamental dalam mengutarakan, atau mempertahankan sebuah gagasan. Estimasi pertanyaan juga bisa kamu dapatkan dengan berdiskusi dengan mereka yang pernah menghadiri ujian skripsi.

5. Persiapan Tambahan

Aspek teknis sidang skripsi via pcmag.com

Ada serangkaian persyaratan administrasi yang harus kamu lengkapi, juga persiapan tambahan yang harus kamu persiapkan. Sepertihalnya pengaturan LCD, perizinan dan tata ruang, hingga menyiapkan suguhan. Pastikan kamu dapat mengatur waktu antara mempersiapkan materi dan esensi sidang skripsi, dengan persiapan tambahan yang cukup merepotkan.

Jika kamu berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan, pastikan untuk meminta bantuan kepada teman, saudara atau siapapun yang kamu kenal untuk mengurus berbagai perlengkapan dan persiapan tambahan. Hal tersebut akan sedikit meringankan bebanmu, karena yang terpenting adalah fokus pada apa yang kamu kerjakan, yaitu materi yang esensial dari sidang skripsi.

6. Istirahat yang Cukup

Tidur lebih awal via ahaparenting.com

Berbagai ritual lembur dan tekanan berkepanjangan yang kamu alami dapat membawamu pada kondisi lelah, letih dan lesu. Jika tidak ditangani dengan cara yang tepat, performa pada tutur kata, hingga penampilan saat mulai menjelaskan materi presentasi tidak dapat mencapai titik optimal yang seharusnya bisa kamu lakukan jika dalam kondisi yang prima.

Untuk itu, pastikan untuk menyelesaikan segera persiapan, baik itu materi ataupun latihan dua hari sebelum sidang skripsi. Sehingga, sehari setelahnya kamu bisa mengambil jeda untuk mengistirahatkan raga dan jiwa demi menyongsong hari besar yang mungkin hanya akan kamu rasakan sekali seumur hidup.

7. Datang Lebih Awal

Otw tapi nggak nyampe-nyampe via scmp.com

Datang dua jam lebih awal ke tempat ujian adalah tindakan yang bijak dalam mempersiapkan sidang skripsi. Pasalnya, kamu tidak akan tahu apa yang terjadi di sana nanti.

Entah proyektor yang bermasalah, ruangan yang tiba-tiba dipakai, hingga catering yang tidak kunjung datang. Sehingga, saat masalah tersebut datang, kamu memiliki cukup waktu untuk mencari alternatif pemecahan agar sidang skripsimu tetap bisa dilaksanakan.

Selain itu, sisa waktu yang ada dapat kamu lakukan untuk mempelajari kembali, bahkan berlatih tanpa ada seorangpun yang dapat mengusikmu. Dengan datang lebih awal, pikiran akan menjadi tenang, dan kamu akan merasa aman dan nyaman karena tidak tergesa-gesa dan diburu waktu.


Jika 7 persiapan di atas telah kamu lakukan, dan kamu masih mendapati diri was-was dan terguncang, maka satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah berdo’a dan menyerahkan semuanya pada tuhan. Meskipun manusia telah berencana, berusaha dan berdo’a, namun kuasa tuhan tetap yang paling utama.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *