Hukum

Serba-serbi Praktik Paranormal dan Cara Mendapatkan Izin Usahanya

Setelah mengatur hukum tentang santet dan pelet, kini pemerintah juga mengatus status dan perizinan praktik paranormal.

Avatar Written by Kreta Amura
· 1 min read >
Praktik Dukun yang Legal Menurut Hukum

Bagi kamu yang tidak percaya dengan hal-hal klenik atau supranatural, mungkin akan bertanya-tanya mengapa dan bagaimana praktik absurd seperti ini bisa mendapatkan payung hukum oleh Negara.

Praktik paranormal biasanya memang dijalankan secara informal. Akan tetapi, beberapa diantaranya ternyata ada yang memiliki legalitas alias kepastian hukum dalam menjalankan operasinya. Bagaimana bisa?

Meskipun banyak dipandang sebelah mata, nyatanya masih banyak orang yang percaya dengan hal-hal klenik, dan pergi ke paranormal sebagai usaha pendukung atau bahkan terakhir untuk meminta saran dan atau pertolongan.

Bagi mereka yang telah memiliki nama, reputasi dan pasarnya sendiri, nominal dalam satu kali transaksi tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari belasan, hingga ratusan juga. Pendapatan yang tidak sedikit inilah, yang kemudian menjadikan dasar mengapa praktik ini memerlukan payung hukum, sekaligus merupakan bidang ekonomi yang sungguh sayang untuk dilewatkan.

Secara eksplisit, memang belum ada peraturan atau UU yang benar-benar menaungi praktik paranormal. Akan tetapi dalam praktiknya, usaha ini dapat dikategorikan sebagai Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris (STPT), dengan mengacu pada definisi Pasal 1 angka 16 Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (“UU Kesehatan”) berikut:

Pelayanan kesehatan tradisional adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Jadi, bagi kamu yang memang berkecimpung dalam dunia paranormal, kamu dapat dengan bangga mengatakan bahwa apa yang kamu geluti merupakan salah satu jenis profesi bergengsi, dengan mendaftarkan bisnismu dan melegalkan operasional kegiatannya dengan mengajukan Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (“STPT”).

STPT sendiri diajukan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang berlaku dua tahun dan dapat diperbaharui. Surat izin ini sendiri hanya berlaku untuk satu tempat praktik. Adapun saat memperbaharuinya, penyehat tradisional harus melampirkan STPT terdahulu. Selain melampirkan STPT terdahulu, penyehat tradisional juga harus menyertakan rekomendasi dinas kesehatan kabupaten/kota.

Lalu, bagaimana cara dan prosedur yang benar untuk mengajukan Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (“STPT”) untuk praktik paranormal?

Saat melakukan pengajuan STPT kepada pemerintah daerah, kamu harus mengajukan permohonan tertulis dengan melampirkan beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Surat pernyataan mengenai metode atau teknik pelayanan yang diberikan;
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
  3. Pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm (empat kali enam centi meter) sebanyak 2 (dua) lembar;
  4. Surat keterangan lokasi tempat praktik dari lurah atau desa;
  5. Surat pengantar puskesmas;
  6. Surat rekomendasi dari dinas kesehatan kabupaten/kota; dan
  7. Surat rekomendasi dari asosiasi sejenis atau surat keterangan dari tempat kegiatan magang.

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan tradisional empiris diselenggarakan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Dapat dipertanggungjawabkan keamanan dan manfaatnya secara empiris, dan digunakan secara rasional;
  2. Tidak bertentangan dengan norma agama dan norma yang berlaku di masyarakat; dan
  3. Tidak bertentangan dengan program pemerintah dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Yang dimaksud tidak bertentangan dengan norma agama artinya tidak memberikan pelayanan dalam bentuk klenik/mistik/menggunakan bantuan makhluk gaib dan ramalan nasib. Sementara yang dimaksud tidak bertentangan dengan norma yang berlaku di masyarakat yaitu tidak melanggar nilai-nilai hukum, kesusilaan, kesopanan dan budaya.

Berdasarkan keterangan di atas, maka jelaslah bahwasanya layanan paranormal yang dimaksud bukanlah tentang klenik, mistik, ataupun hal-hal yang berbau pemujaan terhadap setan. Akan tetapi, lebih kepada saran, bimbingan serta nasihat spiritual, yang mana dalam praktiknya termasuk dalam layanan kesehatan pelengkap atau pengganti, dan bukanlah layanan kesehatan untuk rujukan utama.

Ilustrasi praktik ilmu hitam yang legal menurut hukum via kumparan.com

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *