Edukasi

10 Program Beasiswa Terbaik yang Dapat Antarkan Kamu Kuliah Gratis ke Luar Negeri

Bagi kamu yang punya mimpi kuliah gratis ke luar negeri, pantengin info dari 10 program beasiswa berikut ini.

Avatar Written by Kreta Amura
· 3 min read >
Cara Mendapatkan Beasiswa

Selain mendapatkan fasilitas yang lebih mumpuni, informasi yang lebih kompleks, serta lingkup pergaulan yang lebih luas, jalan-jalan gratis ke tempat yang serba baru nan eksotis menjadi daya tarik yang tidak dapat ditampik dari visi untuk kuliah ke luar negeri.

Akan tetapi, biaya masih menjadi kendala yang kerap menghantui. Bagi mereka kaum borjuis, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun bagaimana dengan kita masyarakat kelas menengah berkantong pas-pasan? Beasiswa kemudian menjadi kunci untuk menembus batas yang menghalangi potensi terbesar kita.

Untuk itu, berikut 10 program beasiswa terbak yang dapat antarkan kamu untuk bisa kuliah gratis ke luar negeri, sekaligus jalan-jalan dengan budget yang pas-pasan. Namun perlu diingat, meskipun ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana, tujuan awal, yaitu kuliah harus tetap menjadi prioritas.

1. Eiffel Shcholarship

Diinisiasi oleh Kementrian Luar Negeri Perancis, beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan master dan doctoral di Perancis. Beasiswa ini mencakup akomodasi hingga kebutuhan bulanan para penerimanya, namun sayang tidak termasuk biaya pendidikan yang nyatanya masih harus dibayar secara mandiri.

Jika anda tertarik, maka hal pertama yang harus anda lakukan ialah dengan mengajukan permohonan ke ESC Amiens. Untuk info yang lebih lanjut, anda bisa melihat laman berikut ini:

https://www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence

2. DAAD

Tidak hanya untuk mengenyam pendidikan, Program Beasiswa Deutschert Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) juga sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan penelitian. Pasalnya, program beasiswa ini memang melakukan targeting terhadap para peneliti muda dari seluruh dunia.

Jika anda memiliki proyek penelitian yang terencana, serta didukung dengan penghargaan akademik yang baik, IPK dan publikasi ilmiah, anda memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan para pelamar lainnya. Program ini mencakup biaya pendidikan, asuransi kesehatan, tunjangan bepergian, dan penelitian. Sangat menarik bukan?

https://www.daad.id/en/find-funding/

3. Chevening

Diinisiasi oleh Pemerintah Inggris, Program Beasiswa Chevening diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa dari berbagai belahan dunia untuk mendapatkan gelar master selama setahun di Inggris. Target mahasiswa yang menjadi prioritas beasiswa ini adalah mereka yang memiliki ambisi, potensi kemampuan menjadi pemimpin, dan latar belakang akademik yang kuat.

Program beasiswa ini merupakan program beasiswa penuh, dimana kemampuan dan kesiapan personal anda lah satu-satunya hal yang mutlak diperlukan untuk menyelesaikan masa studi di sana. Sementara biaya lainnya dari keberangkatan hingga kepulangan telah ditanggung oleh Pemerintah Inggris.

http://www.chevening.org/apply

http://www.chevening.org/indonesia

4. Gates Cambridge Scholarship

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini diberikan oleh Bill & Melinda Gates kepada mereka, mahasiswa dari seluruh dunia untuk meraih gelar master di Cambridge University. Donasi yang diberikan oleh sepasang suami istri ini menjadi donasi tunggal terbesar yang ada di universitas inggris.

Setidaknya ada empat kriteria yang dicari pada setiap pelamar, yaitu: intelektualitas yang mumpuni, potensi kepemimpinan, komitmen untuk berguna bagi orang lain, serta kesesuaian antara kualifikasi dan visi program pendidikan yang ditempuh.

https://www.gatescambridge.org/

5. Swedish Institute Scholarship for Global Professionals

Program beasiswa ini diinisiasi oleh Pemerintah Swedia dan ditujukan pada mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studinya ke Negara tersebut. Sehingga, beasiswa ini hanya terbatas pada jenjang S2 saja. Penerima beasiswa Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP) akan dibebaskan dari tuition fee pada universitas yang dituju.

Selebihnya, sepertihalnya biaya hidup dan akomodasi, ditanggung sendiri oleh para pelamar. Sebelum mengirimkan aplikasi untuk program beasiswa, kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada universitas yang dituju.

6. Pershing Square Foundation

Program beasiswa ini diperuntukkan untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah di Inggris dengan gratis. Mereka yang berhasil mendapatkan beasiswa ini dapat mengikuti program 1+1 MBA yang mencakup program Master serta MBA di Oxford University. Jadi, setelah lulus nanti, kamu akan mendapat 2 ijazah dari jurusan yang berbeda. Keren kan?

Beasiswa ini menawarkan full tuition dan college fee, atau dengan kata lain seluruh biaya kuliahmu gratis. Selain itu, kamu juga mendapatkan uang saku dengan nominal kurang lebih cukup untuk menjalani hidup di Inggris. Untuk setidaknya bisa mendaftar, anda harus memiliki nilai TOEFL minimal 7,5. Bagaimana, merasa tertantang?

7. Heinrich Boll Scholarship

Program beasiswa ini menawarkan kuliah gratis di Jerman untuk jenjang S1, S2 dan S3 khususnya untuk warga Negara eropa. Namun jangan kecewa dulu, bagi kalian yang tinggal di Asia, khususnya Indonesia, kalian masih bisa menikmati dan mencoba untuk mendapatkan beasiswa pada jenjang S2 dan S3.

Akan tetapi, berbeda dari beasiswa lainnya yang mensyaratkan kemampuan berbahasa inggris yang cukup, program beasiswa ini mengharuskan anda untuk menguasai bahasa jerman dengan baik dan benar. Setidaknya, anda berhasil mendapatkan hasil minimal setingkat B2.

8. Orange Tulip Scholarship

Merupakan hasil kerjasama antara institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan Pemerintah Indonesia, Orang Tulip Scholarship program merupakan kesempatan yang tak boleh dilewatkan bagi kalian yang tengah memimpikan untuk bisa kuliah di negeri kincir angin, Belanda.

Sebelum mendaftar pada program beasiswa yang ada, kalian diharuskan terlebih dahulu mendaftar pada universitas Belanda yang telah bekerjasama dengan program OTS. Jadi, kalian hanya bisa masuk dan kuliah gratis pada beberapa universitas terpilih.

9. Monbukagakusho

Ini adalah beasiswa yang diperuntukkan khusus orang-orang Indonesia yang ingin belajar ke negeri Sakura. Tidak terbatas pada S2, ataupun S3, beasiswa ini juga membuka kesempatan bagi mereka lulusan SMA sederajat untuk berkuliah dan mendapatkan gelar sarjana di Jepang!

Selain itu, karena pemerintah jepang sangat peduli terhadap pendidikan, program ini juga menyediakan beasiswa untuk guru dan rangkaian pelatihan untuk mendukung kapasitas sumberdaya penerima beasiswa.

https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu.html

10. Ignacy Lukasiewicz

Berfokus pada pemberian beasiswa pendidikan di Negara Polandia, Ignacy Lukasiewicz juga memprioritaskan mereka yang belum pernah mendapatkan gelar master, terkhusus mahasiswa yang berasal dari luar Negara Polandia, dan belum pernah kuliah di Polandia.

Jadi, kesempatan buat kamu warga Negara Indonesia, khususnya yang berasal dari pedalaman sana untuk mendaftar beasiswa S2 di Polandia sagatlah besar, apapun Universitas yang akan kamu pilih nanti. Tentunya, persyaratan utama seperti kemampuan komunikasi dengan bahasa Inggris mutlak diperlukan.

https://programs.nawa.gov.pl/login

Masih banyak sekali program beasiswa yang tentunya tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Namun, dari beberapa program beasiswa yang ada, 10 program beasiswa tersebut merupakan satu dari sekian beasiswa terbaik untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Ilustrasi strategi mencari beasiswa via debt.org

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *