Hiburan

7 Perlengkapan yang Kamu Butuhkan untuk Jadi YouTuber Terkenal

Mulai dari peralatan yang tidak bisa digantikan, hingga perlengkapan yang bisa diakali dengan cara yang tak terpikirkan.

Avatar Written by Kreta Amura
· 4 min read >
Peralatan yang Dibutuhkan untuk Menjadi YouTuber

Alangkah menyenangkan apabila hobi yang kita geluti dapat memberikan penghasilan tambahan, sukur-sukur mampu menghidupi. Itu adalah salah satu ilustrasi yang akan kita dapatkan ketika kita mulai menggeluti industri kreatif, khususnya sebagai seorang YouTuber.

Semenjak beberapa YouTuber terkenal membocorkan rahasia pendapatan mereka, yang sangat mungkin untuk dijadikan sumber penghasilan, banyak orang berbondong-bondong melakukan hijrah, baik mereka yang belum memiliki sumber penghasilan tetap, hingga mereka yang telah mapan.

Mungkin, kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang, yang memiliki cita-cita dan impian untuk menjadi seorang YouTuber terkenal. Akan tetapi, jalan untuk menunju kesana tidaklah mudah. Setidaknya, selain memiliki modal untuk berbicara dan tampil percaya diri di depan kamera, kamu juga harus memiliki peralatan yang cukup untuk menunjang profesimu sebagai seorang YouTuber.

Lalu, apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang YouTuber profesional? Berikut YouTuber starter pack yang harus kamu miliki!

1. Kamera

Kamera berkualitas untuk YouTuber profesional via cripxel.com

Kamera adalah peralatan utama untuk menjadi seorang YouTuber. Kamera dengan resolusi yang tinggi tentu akan menghasilkan kualitas gambar yang baik pula. Akan tetapi, harga kamera tidak selalu berbanding lurus dengan video yang dihasilkan.

Membutuhkan lebih dari sekedar kualitas kamera, untuk menghasilkan gambar yang berkualitas, yaitu skill dari pemegang kamera. Seorang YouTuber yang baik adalah mereka yang piawai dalam mengutak-atik kameranya. Mulai dari settingan, hingga peralatan tambahan yang dibutuhkan untuk menunjang kualitas gambar yang dihasilkan.

Untuk menghasilkan gambar yang tidak monoton, biasanya diperlukan lebih dari satu kamera sebagai variasi angle. Tapi, jika kamu tidak memiliki cukup modal untuk membeli berbagai macam kamera, kamu bisa memulai dengan kamera smartphonemu.

2. Audio/Microphone

YouTuber audio set via oearners.com

Seorang YouTuber profesional hampir tidak pernah mengandalkan penangkap suara dari satu sumber saja. Misalkan kamera microphone DSLRmu cukup untuk menangkap suara dengan jelas, kamu tetap memerlukan audio/microphone tambahan sebagai cadangan jika terjadi kesalahan atau error yang biasanya baru disadari ketika melakukan editing.

Tidak hanya akan membuatmu kerja dua kali, kejadian tersebut dapat menyurutkan semangatmu secara drastis dalam membuat sebuah video. Hasilnya, mungkin proyekmu akan terbengkalai selama berminggu-minggu.

Apalagi, jika audio/microphone dari kamera atau smartphonemu tidak terlalu bisa diandalkan. Kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan audio/microphone eksternal. Dalam sebuah segmen di ruang tertutup, mungkin cukup dengan audio/microphone bawaan. Tapi dalam ruang terbuka dengan lalu lalang kebisingan?

3. Komputer/Laptop

Laptop untuk video editing via pcworld.com

Untuk mengakses YouTube saja, kamu membutuhkan laptop atau komputer. Oke, kamu bisa mengaksesnya melalui smartphone, tapi apakah itu cukup untuk menyimpan semua materi video yang akan kamu unggah? Faktaya, untuk menghasilkan sebuah video berkualitas, seorang YouTuber profesional akan melakukan pengambilan gambar setidaknya dua kali. Kecuali saat sedang live.

Belum lagi, jika file audio untuk materi video tersebut terpisah. Kamu tentu membutuhkan smartphone dengan kapasitas yang ekstra untuk menyimpan semua material kontenmu. Termasuk, jika nantinya smartphonemu hang dan harus di bawa ke tukang service karena terlalu overload. Solusinya, adalah dengan menggunakan laptop atau komputer.

Laptop atau komputer bagi seorang YouTuber adalah sebuah investasi, karena peralatan ini akan selalu kamu gunakan ketika menjadi seorang YouTuber, dan bahkan bermanfaat sekalipun kamu tidak lagi berada di bidang tersebut. Intinya, laptop atau komputer adalah investasi yang berharga.

4. Software Video Editing

Edit video untuk YouTube via forestview.notts.sch.uk

Beberapa aplikasi video editing memang bisa kamu dapatkan, dan gunakan melalui smartphone. Tapi itu hanyalah untuk keperluan-keperluan sederhana, misalnya mengedit video untuk instastory atau wa story yang durasinya kurang dari satu menit. Selebihnya, untuk memotong video, memberikan spesial effect, animasi-animasi tambahan, serta membuat layer tambahan, smartphone kamu bisa hang. Kecuali, kamu sedang menggunakan smartphone seharga 1 miliar.

Software editing di komputer atau laptop ini sangat penting. Karena untuk menghasilkan video yang berkualitas, harus dilakukan dengan proses yang berkualitas pula. Tidak masalah apakah itu video editing gratisan, atau berbayar. Lebih lanjut, harga akan menyesuaikan dengan kualitas, namun kemampuan dari sang editor masihlah tetap utama.

Kami tidak menyarankan untuk menggunakan cracking ataupun tools ilegal untuk menembus sekuritas software editing berbayar, karena hal tersebut merupakan tindakan ilegal, dan tidak dibenarkan secara moral. Jika memang belum mampu untuk membeli, gunakan software gratisan dengan sebaik mungkin.

5. Jaringan Internet

Internet cepat dan berkualitas via chorus.co.nz

Kamera, audio/microphone, laptop/komputer, serta software editingmu tidak akan berguna tanpa adanya jaringan internet yang mulus dan stabil. Selain digunakan untuk mengunggah video yang telah kamu buat, jaringan internet juga berfungsi sebagai media untuk mencari bahan-bahan untuk membuat video.

Tentunya, tidak semua apa yang ada dalam kontenmu merupakan hasil jepretan dan rekaman sendiri bukan? Kamu tetap memerlukan animasi penunjang, meme-meme yang relevan, hingga special effect dan sound effect yang bisa membuat konten videomu lebih dramatis dan berkesan. Untuk membuat sebuah konten, tidak jarang kamu membutuhkan inspirasi dari YouTuber lain.

Agar karirmu sebagai YouTuber lancar, kamu juga harus memiliki jaringan internet yang lancar pula. Tidak empot-empotan, karena hanya akan bikin emosi alih-alih membuatmu terpacu untuk berkreasi. Mood sangat penting, karena dalam dunia kreatif, mood mempengaruhi produktifitas kita. Toh hidupmu tidak selalu untuk bikin konten, bukan? Hiburan juga tetap harus jalan.

6. Lighting/Pencahayaan

Lighting untuk kualitas video terbaik via spectrum-brand.com

Salah satu fungsi dari lighting atau pencahayaan adalah menciptakan suasana. Misalnya jika kamu ingin menciptakan suasana yang sedih, maka kamu dapat mensetting lighting menjadi sedikit redup. Hal tersebut juga berlaku jika kamu ingin menciptakan suasa yang ceria dan bahagia. Lighting yang bagus akan membuat video yang kamu hasilkan terlihat lebih profesional dan elegan.

Meskipun bukan yang paling utama, tapi kamu tetap memerlukan lighting atau pencahayaan. Apalagi, kalau kamu berada di ruangan gelap dan tertutup, atau ruangan dengan sorot cahaya yang timpang. Jika kamu tidak mampu, atau tidak memungkinkan untuk menggunakan lighting, maka kamu bisa berdiri di depan jendela, memosisikan cahaya membelakangi kamera.

Selain menghasilkan gambar yang lebih jelas, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan cara sederhana tersebut. Cara lain yang bisa kamu gunakan ialah dengan menggunakan lighting buatan atau seadanya, dengan memanfaatka senter biasa, atau bahkan lampu flash dari aplikasi bawaan smartphonemu.

7. Tripod

Tripod serbaguna untuk YouTuber pemula via turbofuture.com

Seorang YouTuber profesional biasanya bekerja bersama timnya. Mereka memiliki rekan untuk berbagi dan berdiskusi tentang konsep konten yang akan dibuat, hingga sekedar untuk memegang kamera. Akan tetapi, bagi YouTuber pemula, hal tersebut tentu sulit untuk diwujudkan.

Pasalnya, YouTuber pemula biasanya berangkat sendiri, dan butuh seseorang untuk menemani, setidaknya untuk memegang kamera. Salah satunya adalah dengan menggunakan tripod. Meskipun bukan penunjang yang penting-penting amat jika dibandingkan dengan keenam peralatan di atas, tapi kamu tidak akan selamanya mengganjal kamera dengan buku, atau bahkan batu, bukan?

Ada banyak jenis tripod yang bisa kamu gunakan. Bagi teman-teman yang masih merekam dengan smartphone, beberapa tripod dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan tersebut. Jadi, manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena jadi YouTuber nggak selalu harus mahal.


Perlu diketahui, bahwa peralatan yang digunakan dalam menghasilkan sebuah video tidak harus melibatkan biaya yang begitu banyak. Kamu bisa memulainya dengan membeli barang-barang second, bahkan hanya dengan kamera HP jika kualitasnya memungkinkan, dan masih terkendala oleh biaya.

Seiring berjalannya waktu, ketika telah setidaknya mendapatkan penghasilan, baik dari iklan maupun hasil endorsean, kamu bisa mencicil sisa peralatan yang dibutuhkan. Baik itu melengkapi koleksi, atau malah mengganti peralatan yang sudah ada dengan spesifikasi yang lebih berkualitas.

Kuncinya adalah meskipun dengan berbagai keterbatasan yang ada, kita harus mengasah diri untuk menjadi pribadi yang kreatif. Tidak mutlak menggunakan peralatan dan perlengkapan YouTuber yang telah disebutkan, namun yang terpenting adalah mengoptimalkan apa yang kita miliki untuk menghasilkan karya yang berkesan.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil menjadi YouTuber profesional!

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *