Religi

6 Mukjizat Nabi dan Rasul yang Wajib Kita Imani

Dari sekian banyak nabi dan rasul, 6 kisah dan mukzizat nabi dan rasul yang satu ini lah yang wajib kita imani.

Dyah Gayatri Written by Dyah Gayatri
· 1 min read >
Mukjizat Nabi dan Rasul

Menurut istilah, mukjizat merupakan suatu kemampuan atau keistimewaan untuk memicu atau menciptakan fenomena luar biasa yang terkadang menyalahi kebiasaan atau hukum alam. Biasanya, mukjizat diturunkan oleh Allah kepada seseorang ketika mereka menakwaan kenabian atau kerasulannya.

Hanya dengan menurunkan mukjizat inilah, orang kafir dan mereka yang mendewakan logika serta akal sehat dapat percaya bahwa masih ada suatu Dzat yang memiliki kuasa lebih atas seluruh apa yang ada di alam semesta.

Melalui buku berjudul Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad, K.H Moenawar Chalil menjelaskan bahwa mukjizat diturunkan oleh Allah kepada Nabi dan Rasul pilihannya sejak mereka diangkat sampai mereka wafat. Akan tetapi, ada beberapa mukjizat yang akan terus berlaku sampai akhir zaman, yaitu Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Dari sekian banyak Nabi dan Rasul beserta dengan keistimewaannya masing-masing, hanya beberapa diantara mereka yang dianugerahi mukjizat yang wajib kita Imani hingga kini. Lalu apa saja mukjizat luar biasa dari Nabi dan Rasul tersebut?

1. Nabi Daud

Memiliki suara yang begitu merdu, mahluk lain di sekelilingnya tidak akan sekalipun menolak bertasbuh bersamanya. Beliau sanggup berbicara dengan burung. Dengan kecerdikan yang dimilikinya, Nabi Daud berhasil mengahalkan jalut yang berkasa hanya dengan sebuah ketapel usang.

2. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim sejak kecil dapat bertahan hidup di dalam goa. Ketika dewasa, ia dikaruniai kecerdasan sehingga dapat menghancurkan berhala-berhala Raja Namrud. Ketika hendak dibakar oleh Raja Namrud, api yang disulut dengan maksud untuk mencelakakan Nabi Ibrahim, atas izin Allah semata-mata menjadi dingin.

3. Nabi Yusuf

Dikaruniai oleh Allah ketampanan yang luar biasa, Nabi Yusuf dapat membuat setiap wanita yang hidup pada zamannya jatuh hati padanya. Selain dari pesona wajahnya, kemampuan untuk menerjemahkan mimpi-mimpi yang dialami oleh seseorang juga menjadi daya tarik yang tidak terbantahkan. Mampu membuatnya dekat dengan siapa saja, khususnya para wanita.

4. Nabi Sulaiman

Jika dibandingkan dengan Nabi dan Rasul lainnya, Nabi Sulaiman inilah yang paling multi-mukjizat. Selain dapat berbicara dengan hewan, menguasai bangsa jin, dapat menundukkan angin, Nabi Sulaiman juga dikaruniai sebuah permadani sutera hijau berjalin benang emas dengan panjang dan lebar mencapai 60 mil.

5. Nabi Isa

Akan tetapi, hal tersebut tidak seberapa dengan mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Isa. Beliau dapat menyembuhkan orang buta, penderita kusta, bahkan menghidupkan orang mati. Tidak sampai di sana, Allah menyelamatkannya dari kedzoliman dan fitnah manusia yang keji dengan mengangkatnya langsung ke surga.

6. Nabi Muhammad

Peristiwa Isra’ dan Mi’raj, terbelahnya bulan, bertasbihnya kerikil di tangan, batang kurma yang menangis, serta pengetahuan mendetail tentang peristiwa yang terjadi di masa sebelumnya merupakan beberapa mukjizat sebagai pertanda kenabian dan kerasulan Muhammad. Akan tetapi, satu dari sekian mukjizat terbesar adalah diturunkannya Al-Qur’an, yang akan bertahan dan revelan hingga akhir zaman.


Sebagaimana kisah-kisah sebelumnya telah menceritakan berbagai Nabi dan Rasul dari berbagai zaman, maka tentunya ada banyak dari mereka yang memiliki mukjizat yang serupa. Akan tetapi, kewajiban bagi kita umat Nabi Muhammad adalah untuk mengetahui beberapa dari sekian diantaranya saja. Selebihnya, dapat kita ambil hikmahnya karena kisah-kisah yang beredar terkadang mendapatkan tambahan dan cenderung melebih-lebihkan.

Ilustrasi mukjizat Nabi Musa yang membelah lautan via garutnews.com

Written by Dyah Gayatri
Urip iku murup. Kehidupan selayaknya dapat memberi kebermanfaatan. Tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan orang di sekitar kita, beserta seluruh alam semesta. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *