Travel

5 Makanan dan Minuman yang Berkhasiat untuk Cegah Mabuk Perjalanan

Mulai dari ramuan tradisional, hingga makanan dan camilan ringan yang bisa kamu nikmati selama perjalanan.

Avan Fadli Written by Avan Fadli
· 2 min read >
Camilan yang Cocok Dinikmati Saat Traveling

Selain kelelahan, salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam sebuah perjalanan panjang saat melakukan traveling adalah mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan bisa terjadi di mana saja, entah itu di darat maupun di laut. Serta dapat dialami oleh siapa saja, entah itu yang tua maupun yang muda.

Bagi kamu yang sedang melakuka perjalanan atau traveling sendirian, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah yang begitu berarti. Akan tetapi, kamu tidak mau menjadi beban, bukan saat sedang melakukan perjalanan bersama teman, pasangan atau bahkan keluarga?

Mengonsumsi obat pencegah atau penghilang mabuk perjalanan biasanya menjadi sebuah solusi. Akan tetapi, kamu perlu bertanya pada dirimu sendiri. Sampai kapan kamu akan terus bergantung pada jenis obat-obatan tersebut? Meskipun sangat efektif untuk mengurai mabuk perjalanan, pemakaian jenis obat apapun dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya fungsi hati dan ginjal.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pencegahan terhadap kambuhnya mabuk perjalanan. Berikut 5 makanan dan minuman yang dapat cegah mabuk perjalanan!

1. Jahe

Wedang jahe anget via thecut.com

Jahe menjadi bahan tradisional yang sangat ampuh, tidak hanya mencegah perut mual, namun juga untuk mencegah gejala naiknya asam lambung saat sedang dalam perjalanan. Jika sempat, siapkanlah wedang jahe dalam tremos sebelum melakukan perjalanan jauh.

Kamu juga bisa mengunyah sedikit potongan jahe yang telah dikupas. Dilansir dari Live Strong, Phyllis A. Balch dalam bukunya “Prescription for Nutritional Healing” mengatakan konsumsi jahe atau minum teh jahe bisa mencegah gejala jika dikonsumsi sekitar satu jam sebelum berangkat melakukan perjalanan.

2. Lemon

Khasiat perasan lemon via draxe.com

Sebagaimana air jahe, kandungan nutrisi pada lemon sangat ampuh untuk meredakan masalah yang terjadi pada daerah sekitar perut dan lambung, termasuk munculnya gejala mulai dan mabuk perjalanan.

Kamu bisa mengonsumsi jus lemon, atau mengonsumsinya langsung dengan menyesap satu irisan lemon tanpa kulit setiap saat rasa tidak nyaman di perut mulai berulah. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengonsumsi infused lemon water, atau lemon dalam kemasan yang dijual di supermarket.

3. Apel Hijau

Apel hijau segar via coolvape.ca

Kandungan pektin dalam apel hijau secara drastis disinyalir mampu menurunkan asam lambung dalam perut. Ada banyak variasi ang bisa kamu kreasikan dalam mengonsumsi apel hijau. Cara termudah ialah dengan membuat jus apel.

Selain dari jus apel, kamu juga bisa mengiris apel menjadi dadu-dadu kecil, lembaran siap hisap, ataupun sebagai salad. Pastikan untuk tidak menambahkan bahan yang dapat memicu naiknya asam lambung sepertihalnya susu, gula, dan makanan olahan dengan cita rasa yang asam.

4. Crackers

Biskuit gurih atasi mabuk perjalanan via southernkitchen.com

Crackers bisa menjadi teman setia dalam suatu perjalanan. Selain dapat meredakan sakit perut yang mengikuti setelah rasa mual berkepanjangan, biskuit gurih yang satu ini juga mampu membuat suasana perjalanan menjadi lebih mengasyikkan.

Selalu siapkan crackers di sebelum memulai perjalanan panjang. Pastikan untuk mengonsumsi 1-2 crackers sebelum memulai perjalanan, dan konsumsi kembali 2-3 biji saat gejolak dan mual pada perut mulai terasa.

Balch merekomendasikan crackers dari gandum utuh karena bisa membantu meredakan jumlah air liur dalam mulut. Sehingga rasa mual dan perut tidak nyaman bisa berkurang. Sebaiknya hindari crackers dengan perasa, terutama yang pedas atau bercitarasa bawang. Begitu juga dengan crackers manis. Karena bisa membuat gejala makin buruk.

5. Permen Mint

Permen rasa mint via tokopedia.com

Proses menghisap dan mengunyah saat kamu berjibaku dengan permen dapat secara drastis meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur ini memiliki khasiat untuk menetralkan asam lambung yang sedang bergejolak di dalam perut, memberikan rasa nyaman dan mencegah mual saat dalam perjalanan.

Kamu bisa menyiapkan permen dengan cita rasa segar seperti mint, lemon atau jahe. Sebaliknya, hindari konsumsi permen dengan cita rasa creamy atau manis sepertihalnya susu dan karamel. Selain mampu mencegah mabuk perjalanan, permen dapat meningkatkan mood saat sedang dalam perjalanan. Membuatmu tidak cepat bosan dan lebih bersemangat.


Pada intinya, stamina dan kondisi tubuh adalah kunci untuk mendapatkan perjalanan tanpa hambatan. Di luar dari kelima makanan tersebut, memastikan kondisi tubuh tetap terhidrasi adalah satu cara lainnya untuk mencegah mabuk kendaraan selama dalam perjalanan. Perbanyak konsumsi air mineral, dan hindari konsumsi minuman yang dapat memicu dehidrasi sepertihalnya kopi dan teh.

Written by Avan Fadli
Berkelana mencari makna kehidupan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *