Travel

7 Kualitas Diri yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kebiasaan Traveling

Tidak melulu tentang jalan-jalan dan menghabiskan uang. Kebiasaan traveling dapat tumbuhkan karakter positif ini

Avan Fadli Written by Avan Fadli
· 2 min read >
Manfaat Traveling dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah tidak lagi zamannya menghabiskan liburan dengan sekedar liburan biasa. Banyak pilihan kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan dirimu, salah satunya adalah dengan melakukan perjalanan wisata atu traveling.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari traveling. Bahkan, kamu harus mulai traveling sedini mungkin, selagi masih muda. Berikut beberapa manfaat khususnya karakter yang bisa kamu dapatkan dan pelajari dengan melakukan traveling atau perjalanan wisata.

1. Terbuka dan Menghargai Perbedaan

Belajar menghargai orang lain dengan traveling via freepik.com

Dalam perjalanan menuju titik akhir, kamu akan bertemu dan terlibat dengan banyak orang baru, berbeda secara fisik maupun pandangan.

Dari situ, kamu akan menemukan banyak perbedaan, ide, gagasan, dan mulai belajar bagaimana menerima dan menghargai setiap perbedaan yang ada agar bisa sampai pada destinasi dan tujuan yang sama tanpa melukai perbedaan dan pandangan dari masing-masing orang.

2. Tidak Kaku dan Mudah Bergaul

Traveling dapat memperluas jaringan via hostelworld.com

Manusia tidak bisa hidup sendiri, kamu membutuhkan orang lain. Dan untuk itu, mau tidak mau harus belajar untuk menyenangkan hati orang lain. Menjadi pribadi yang ramah, tidak kaku, dan mudah bergaul adalah salah satu pribadi yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan traveling.

Jika kamu sudah memiliki kepribadian tersebut, itu adalah nilai tambah. Setidaknya kamu sudah memiliki modal awal untuk bisa melakukan perjalanan wisata ke manapun dan tak harus belajar lagi bagaimana cara berbasa-basi dan menyenangkan hati orang lain.

3. Mandiri dan Tidak Mudah Bergantung

Pesona solo traveler yogimehtab.com

Meskipun kita membutuhkan orang lain untuk hidup, namun bukan berarti kita harus berlari kepada setiap orang yang kita kenal untuk bisa hidup. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan ditemukan untuk mencapai sebuah tujuan akhir. Dan hal tersebut, hanya bisa kamu dapatkan dengan melakukan traveling khususnya ketika kamu melakukan traveling sendirian.

Kamu akan menemukan kualitas diri yang sesungguhnya. Bagaimana bisa hidup dengan gagasan dan upaya sendiri. Hal tersebut memang sulit, namun akan sangat berkesan. Dan percayalah, kamu akan ketagihan!

4. Berani Mengambil Resiko, Kesempatan dan Peluang

Kesempatan traveling tidak datang sekali via travelstart.com.ng

Tidak hanya membutuhkan biaya yang tak sedikit, traveling atau melakukan perjalanan wisata memaksa kamu untuk menyisihkan sebagian waktu, tenaga dan pikiran selama beberapa waktu. Namun itu adalah hal yang harus di bayar, untuk mendapatkan apa yang benar-benar ingin kamu cari dalam hidup ini. Pengalaman, pengetahuan, kebijakan, dan jati diri. Traveling, ada sebuah pertaruhan.

Apakah dalam perjalanannya kita akan menemukan segalanya dalam sebuah paket perjalanan, atau butuh lebih dari sekedar perjalanan singkat untuk benar-benar mengenal diri kita. Semua tidak bisa di prediksi, dan jawaban tersebut hanya bisa kamu ketahui jika telah benar-benar memulainya. Traveling sekarang juga.

5. Disiplin dan Menghargai Waktu

On time saat traveling via raazuki.com

Tak bisa dipungkiri, bagi traveller awam, kegiatan traveling mungkin akan menghabiskan banyak uang, tenaga, waktu dan pikiran. Namun seiring berjalannya waktu, sesuai dengan jam terbang, kamu akan menemukan cara dan terpaksa memeras otak untuk menemukan bagaimana cara termurah untuk berwisata.

Kamu mulai rajin menyusun perencanaan, anggaran, hingga menjadwal destinasi apa yang akan kamu kunjungi selama liburan agar kegiatan traveling kamu dapat berjalan dengan sangat efektif dan efisien. Hal tersebut melatih kamu menjadi pribadi yang disiplin, menghargai waktu, efektif dan efisien.

6. Solutif, Siap dengan Masalah dan Kondisi tak Terduga

Traveler selalu cekatan dan tidak plin-plan via vacation.com

Meskipun segalanya telah kita rencanakan dengan baik, namun segala apa yang ada di lapangan tidak seluruhnya bisa kita kendalikan. Cuaca yang buruk, jalan yang rusak, macet, serta masalah dan hambatan lainnya mungkin akan membuat beberapa tempat dan destinasi tak bisa kamu nikmati seperti perencanaan awal.

Namun, hal tersebut melatih kita untuk bisa mengembangkan solusi dan alternatif lain demi membuat liburan kamu tetap menyenangkan. Kamu pun tumbuh menjadi pribadi yang solutif, siap dengan segala masalah dan kondisi tak terduga.

7. Menghadapi Segala Tekanan dengan Senyuman

Traveler yang murah senyum via onetravel.com

Namun terkadang kamu tidak bisa menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Beberapa perjalanan yang melelahkan mungkin akan membuat kamu lebih cemberut dari biasanya. Namun dari kenyataan tersebut, kamu akan mulai menyadari bahwa segala hal di dunia ini bergantung pada diri kita sendiri.

Ya, bukan tentang apa yang terjadi, namun tentang bagaimana kita menyikapinya. Melalui perjalanan panjang dan melelahkan itu, kamu akan belajar untuk bisa menghadapi segala tekanan dengan senyuman. Seburuk apapun situasinya, kamu selalu bisa melihat bagaimana hal-hal kecil terasa begitu menyenangkan.

Jadi bagaimana? Masih mau menunda untuk traveling? yuk traveling sekarang, selagi masih muda!

Written by Avan Fadli
Berkelana mencari makna kehidupan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *