Travel

7 Kesalahan Besar dalam Traveling

Dari berbagai kesalahan yang pernah kita lakukan, berikut daftar kesalahan terbesar saat traveling.

Avan Fadli Written by Avan Fadli
· 2 min read >
Kesalahan Saat Traveling

Ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan seseorang ketika melakukan traveling ataupun perjalanan wisata, baik bagi yang telah berpengalaman atau baru saja memulai untuk melakukan traveling.

Beberapa kesalahan tersebut ada yang bersifat konyol, sederhana, hingga kesalahan yang benar-benar fatal, yang dalam prosesnya dapat mengganggu dan membuat perjalanan wisatamu menjadi sedikit kurang menyenangkan.

Untuk itu, berikut 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang seorang traveler, khususnya traveler pemula.

1. Kaku dengan Target

Banyak jalan menuju Roma via raywilliams.ca

Menyusun jadwal dan daftar destinasi wisata yang akan dituju memang penting, namun informasi yang kita dapat dari riset kecil kita kadang kurang sesuai dan membuat perjalanan wisata terhambat.

Ada beberapa destinasi yang harus direlakan dan fokus untuk menjangkau apa yang paling mungkin di jangkau. Terlalu kaku dengan target justru akan membuat kamu tidak bisa menikmati perjalanan wisatamu.

2. Melenceng Jauh dari Budget Awal

Budget untuk traveling via anitaburgesstravel.co.nz

Meskipun kita harus fleksibel dengan destinasi dan waktu perjalanan saat traveling, kamu sebaiknya harus benar-benar mempertimbangkan untuk tetap menggunakan keuangan berdasarkan perencanaan awal.

Ingat kembali tujuan awal untuk melakukan perjalanan wisata. Entah itu mencari suasana dan pengalaman baru, atau sekedar bersenang-senang, tentunya kamu tidak ingin dipusingkan dengan bengkaknya pengeluaran di akhir perjalanan bukan?

3. Overpacking dan Ribet Sendiri

Beban berat di perjalanan via abbykingwriter.com

Salah satu alasan mengapa kita membawa banyak baju dan barang bawaan adalah agar bisa bergaya dengan berbagai outif yang berbeda. Akan tetapi di satu sisi, kita akan terbebani dengan barang bawaan yang terlampau banyak.

Tidak jarang, beberapa benda penting justru terlupakan, atau bahkan tenggelam jauh di dalam tas ataupun koper. Sehingga untuk mengambilnya saja, kita harus membuat orang serombongan ribet sendiri.

4. Tidak Mencadangkan File

Identitas penting saat traveling via blog.reservasi.com

KTP, SIM, Passpor, dan surat keterangan lainnya tidak boleh sampai tertinggal saat bepergian jauh, khususnya ke tempat yang sepenuhnya asing bagi kita—luar negeri misalnya. Akan tetapi, kamu juga harus mempertimbangkan apabila dokumen-dokumen tersebut hilang, ketinggalan, atau bahkan dicuri orang.

Untuk itu, selalu sediakan salinan baik yang telah dilegitimasi oleh pemerintah setempat, ataupun salinan biasa pada setiap selipan ransel yang kamu bawa. Supaya lebih aman, pastikan untuk selalu mengunggah scan dari dokumen asli ke cloud yang bisa kamu akses dimanapun dan kapanpun melalui ponselmu.

5. Tidak Memastikan Jadwal Reservasi

Memastikan jadwal reservasi via raazuki.com

Jika kamu sedang bepergian ke tempat yang jauh, menggunakan pesawat khususnya, dan melibatkan ticketing yang tak hanya sekali dalam sehari, pastikan jadwal yang tertera dalam tiket yang kamu pegang sudah benar.

Hal tersebut juga berlaku untuk hotel, restoran, tiket untuk event, serta tiket lainnya yang menjadi tujuanmu. Jangan sampai, kamu mengalami kerugian besar karena kurang cermat dalam memastikan jadwal reservasi, sehingga momen liburanmu berubah jadi berantakan.

6. Menyepelekan Asuransi Perjalanan

Pentingnya asuransi perjalanan via upgradedpoints.com

Ada banyak sekali bahaya yang mengancam ketika kita memutuskan untuk bepergian. Jika kamu menggunakan jasa tour and travel, pastikan untuk memilih layanan yang menyediakan asuransi terbaik. Apalagi, jika upaya untuk sampai pada destinasi yang dituju tidaklah mudah.

Menyepelekan asuransi perjalanan tidak hanya akan merugikanmu, namun juga orang-orang yang dekat denganmu, yaitu sanak family yang kamu cintai. Bayangkan, betapa susahnya mereka jika harus menanggung kesedihan sekaligus penderitaan karena limpahan beban finansial sekaligus.

7. Mengabaikan Nasehat Orang Lokal

Berbaur dengan masyarakat lokal via hostelworld.com

Orang lokal adalah sumber informasi yang terpercaya dibandingkan dengan informasi generic yang tersebar di internet. Khususnya, jika kamu berupaya untuk mengunjungi destinasi terpencil yang jarang diketahui orang.

Jangan segan untuk bertanya kepada mereka, siapa tahu mereka dapat menuntunmu pada destinasi yang jauh lebih berharga dari ekspektasimu. Lakukan dengan senyum sekaligus tetap waspada dengan berbagai kemungkinan buruk yang terjadi.

Tidak dapat kita pungkiri ada banyak oknum yang berusaha untuk memanfaatkan dan mengambil keuntungan dari para wisatawan seperti kita.


Terlepas dari itu semua, beberapa keluh kesah dan masalah yang kita hadapi dalam sebuah perjalanan wisata terkadang mampu menjadi pelajaran tersendiri, memberikan pengajaran, dan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan untuk diceritakan kepada anak cucu kita. Meskipun berkesan, kesalahan di atas bukan untuk di ulang bukan?

Ilustrasi kesalahan terbesar traveler via budgettravel.com

Written by Avan Fadli
Berkelana mencari makna kehidupan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *