Hiburan

10 Kelakuan Fans Fanatik Korea Selatan yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Mulai dari menguntit, memata-matai, sampai dengan mencuri barang pribadi.

Avatar Written by Kreta Amura
· 4 min read >
Sasaeng Fan Korea Selatan Sebabkan Macet

Korea Selatan dikenal mampu melahirkan sejumlah boyband dan girlband dengan tampilan yang rupawan dan suara yang menawan. Tidak heran, beberapa diantaranya mampu menembus pasar internasional, dan lagunya meledak di pasaran.

Sebut saja EXO, BTS, 2NE1, Twice, dan BlackPink. Tidak hanya dikenal di asia, mereka adalah para idol yang juga dikagumi di Amerika, Eropa, bahkan Afrika. Namun, dibalik kemeriahan para idol, Korea Selatan juga dikenal dengan fans fanatik dengan kelakuan yang geleng-geleng kepala.

Umumnya, fans atau pemuja seorang Idol akan memberikan dukungan dengan cara yang positif. Akan tetapi, saking cinta dan posesifnya seorang fans, beberapa perbuatan yang dilakukannya justru malah tidak masuk akal, dan malah cenderung merusak. Tidak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga bagi sang idol, dan orang-orang disekelilingnya.

Sekelompok fans dengan kelakuan ekstrim ini kerap disebut dengan SaSaengFan. Lalu, hal ekstrim atau kekejian apa saja yang pernah dilakukan oleh fans fanatik idol di Korea Selatan? Berikut ulasannya!

1. Mengirimkan Surat Bertintakan Darah

Surat darah fans fanatik Korea Selatan via aminoapps.com

Mengirim surat kepada fans memang suatu hal yang biasa. Tapi, rasa cinta dan fanatisme berlebihan membuat mereka tidak terima jika harus menyampaikannya dengan cara yang biasa-biasa saja. Mereka dengan mengirimkan surat bertintakan darah, sebagai bukti dan pengakuan bahwa cinta mereka tidak biasa, dan berbeda.

Namun, jika surat tersebut ditulis dengan menggunakan tinta merah, alias darah, idol mana yang tidak bertanya-tanya dan merinding ketakutan? Apakah ini bentu rasa cinta? Atau justru pesan bernada ancaman? Kalau menurutmu, mana satu diantara keduanya yang memungkinkan?

2. Menginstal CCTV di Tempat yang Melanggar Privasi

Memasang CCTV secara ilegal via tnp.sg

Kamu tentu sering melewati tempat tertentu yang sama berulang kali. Begitu pula para idol di Korea Selatan. SaSaengFan akan tahu tempat-tempat yang biasa dilewati oleh para idol yang mereka suka, lalu menginstal CCTV pada pojok-pojok tertentu, hanya demi mendapatkan foto ekslusif, atau untuk sekedar tahu di mana lokasi seorang idol sekarang berada.

Tidak jarang, salah seorang SaSaengFan berhasil membobol kode sekuritas sebuah hotel tempat idol mereka menginap, dan menyebar luaskan foto dan video kegiatan idolnya pada komunias SaSaengFan lainnya. Mereka, biasanya memiliki jaringan dengan SaSaengFan lainnya, untuk mengetahui pergerakan dan kegiatan idol yang dicintainya.

3. Mengirimkan Pembalut Bekas Dengan Bercak Darah

Pembalut yang ternoda via hiveminer.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana para SaSaengFan ini tahu rumah atau informasi pribadi sang idol. Namun hal tersebut tidaklah mengherankan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, yang paling sederhana ialah dengan menunggu di kantor agensi, lalu mengikutinya hingga sampai ke kediamannya.

Tidak hanya sampai di sana, begitu tahu rumah kediamannya, seorang SaSaengFan dapat melakukan apa yang mereka suka. Salah satunya, adalah dengan menaruh bekas pembalut dengan bercak darah di depan rumah sang Idol. Begitu seseorang SaSaengFan tahu kediaman idolnya, maka seluruh SaSaengFan lainnya yang tergabung dalam komunitas yang sama akan tahu dan bisa melakukan hal tak terduga lainnya. Mengerikan, bukan?

4. Menginap di Depan Gang dan Apartemen

BTS Army rela camping demi dapatkan tiket konser via vulture.com

Di Indonesia sendiri, menginap di depan gang, kediaman atau apartemen idol merupakan hal biasa bagi wartawan. Namun, di Korea Selatan, hal tersebut tidak hanya dilakukan oleh para wartawan saja. Mereka SaSaengFan yang ingin melihat idolanya dari dekat biasanya akan menggelar lapak di depan gang, kediaman atau apartemen.

Hal ini, tentu akan sangat mengganggu. Tidak hanya bagi para idol, namun juga para tetangga idol sendiri, kerabat, serta tetangga yang tinggal di sekitar lingkungan idol. Jika SaSaengFan tidak bisa dikendalikan, maka idol yang dimaksudkan bisa-bisa diusir oleh pak RT.

5. Masuk Ke Rumah dan Meneror Artis

Teror untuk Korea Selatan via nymag.com

Tidak hanya meninggalkan barang, menginap di depan rumah, beberapa SaSaengFan bahkan nekat masuk ke kediaman idol dengan menggunakan seribu satu cara dan muslihat. Umumnya, mereka akan meninggalkan suatu barang, atau bahkan mencoret-coret tembok bertuliskan “aku pernah ke sini, aku sudah masuk lho, sandimu lebih baik diganti” atau berbagai perilaku lain yang mampu mencuri perhatian idol.

Sebegitu inginnya diperhatikan, malah membuat sang idol merasa terganggu dan risih. Tidak heran, beberapa idol Korea Selatan ada yang merasa geram, bahkan mengancam para fansnya. Bukan karena ia tidak berterimakasih atas semua dukungan, namun jika fansnya sendiri perilakunya seperti ini, siapa yang bisa tahan?

6. Melelang Celana Dalam Idol di SNS

Celana dalam bekas yang dilelang via complex.com

Masih berkaitan dengan perilaku nyeleneh di atas, terkadang mereka keluar dari rumah idol tidak dengan tangan kosong. Mereka, umumnya tidak mengambil sesuatu yang memiliki nilai atau harga tinggi seperti uang atau emas sebagaimana yang dilakukan oleh pencuri kelas kakap lainnya.

Akan tetapi, mereka tidak melewatkan kesempatan untuk mengambil barang yang sangat pribadi sepertihalnya celana dalam, lalu memamerkannya, bahkan melelangnya di SNS atau Social Media. Wah, kebangetan, bukan?

7. Menyelipkan Celana Dalam Ke Tas Artis

Penguntitan ekstrim oleh Sasaeng Fans via readersdigest.ca

Jika perilaku aneh sebelumnya berkaitan dengan mengambil sesuatu yang personal, yang satu ini malah kebalikannya, yaitu memberikan celana dalam kepada idol dengan menyelipkannya pada tas idol saat mereka berdesakan di kerumunan.

Entah dengan tujuan apa, namun perilaku tersebut tentu tidak bisa lagi dikatakan sebagai perilaku normal para fans terhadap idolnya. Tidak heran, para fans dari seorang idol sendiri terkadang terbagi menjadi dua kubu, yaitu mereka yang ngefans dengan taraf yang normal dan berjalan di lajur positif, serta mereka yang ngefans dengan taraf abnormal dan berjalan di lajur negatif, yaitu SaSaengFan.

8. Berseteru dengan Fans Lainnya

Fans korea selatan baik-baik via scmp.com

8. Berseteru dengan Fans Lainnya

Karena tingkah yang kepalang alay dan lebay, mengganggu dan mencemarkan nama Idol, para fans biasa tidak jarang memberikan teguran kepada SaSaengFan. Akan tetapi, SaSaengFan juga tidak mau disalahkan. Sehingga, mereka terkadang saling berseteru meskipun memiliki pujaan hati yang sama.

SaSaengFan akan menandai siapa saja yang pernah berseteru dengan mereka, lalu membuatnya menyesal dengan tidak membiarkannya bergabung dalam satu pun konser yang digelar oleh sang Idol. Entah dengan menghalanginya di pintu gerbang, atau bahkan meluncurkan serangkaian serangan dan pembulian.

9. Memata-matai Idol dengan Cara Mengerikan

Boneka Teddy Bear dengan kamera tersembunyi via spyway.com

Umumnya, idol Korea Selatan sering mendapatkan hadiah dari para fansnya. Entah itu makanan, pernak-pernik dan dekorasi penampilan biasa, hingga boneka yang hug-able dan enak dibawa kemana-mana. Akan tetapi, mereka harus berhati-hati terhadap setiap hadiah yang dikirimkan oleh para fans, khususnya dari SaSaengFan.

Pernah kejadian, ketika seorang idol melewati scanner di bandara, boneka pemberian dari fans tidak berhenti berbunyi. Setelah di cek, ternyata di dalam matanya terdapat kamera tersembunyi. Kejadian yang sama juga pernah terjadi, isi dari boneka pemberian tersebut bervariasi antara kamera dan GPS untuk menandai lokasi idol yang dicintai.

10. Menabrak Mobil Idol dan Sengaja Membua Kemacetan

Hanya demi bisa melihat idol dari dekat via mikolah.blogspot.com

SasaengTaxi, adalah sebutan dari taxi yang disewa seharian oleh sekelompok SaSaengFan. Tujuannya adalah agar mereka bisa membuntuti sang idol, kapanpun dan dimanapun ketika sang idol mengadakan sebuah tur. Taxi ini terkadang membuat jalan menjadi semruwet, dan macet. Mereka akan mengambil kesempatan apapun untuk bisa mengambil gambar idol ketika keluar dari kendaraannya.

Bahkan, jika mereka harus memaksa sopir taxi atau membayarnya untuk menabrakan diri dengan mobil yang dikendarai oleh idol. Memaksa sang Idol keluar dari kendaraannya, kemudian mengambil gambarnya. Hal ini merupakan kegiatan yang tidak terpuji. Tidak hanya berada dalam taraf mengganggu, namun juga dapat mencelakakan idol yang dicintai.


Mengetahui kegiatan, mencari tahu kediaman, bahkan nomor pribadi seorang idol bukanlah hal yang sulit bagi seorang SaSaengFan. Jika mereka mendapatkan nomor telepon idolnya, mereka tidak akan segan menelepon berulang kali hingga dijawab dan direspon oleh sang idol.

Tidak heran, para idol harus mengganti nomornya jika salah satu SaSaengFan telah mengetahuinya. Pemblokiran nomor terkadang menjadi hal yang sia-sia. Mereka memiliki jaringan dan komunitas yang luas, dan bahkan tidak segan-segan mengancam ketika tahu idolnya berganti-ganti nomor.

Hmm, jadi penasaran, bukan? Mereka ini sebenarnya cinta, atau benci?

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *