Edukasi

7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Melatih Soft Skill Selagi Kuliah

Selagi masih kuliah, ada banyak hal yang bisa dicoba. Namun tidak semua dapat memberikan dampak positif pada kita.

Avatar Written by Kreta Amura
· 3 min read >
Event yang Bagus untuk Mahasiswa

Perguruan tinggi merupakan salah satu jenjang dalam kehidupan seseorang. Pada saat kuliah, mahasiswa akan ditempa dengan serangkaian tekanan yang ada untuk mengeluarkan dan mengoptimalkan potensi dan prestasi yang ada.

Lalu bagaimana saat tekanan tersebut dirasa kurang cukup untuk mengeluarkan dan mengoptimalkan potensi dan pretasi mahasiswa yang bersangkutan? Mengikuti kegiatan lainnya, diluar kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu solusinya.

Memang membutuhkan kesadaran dari diri sendiri, serta kemauan yang kuat untuk berkembang agar seorang bisa keluar dari zona nyaman. Bagaimanapun juga, setiap orang membutuhkan kompetensi untuk bisa bersaing dan menunjukkan bahwa dirinya memiliki kualitas yang tidak dimiliki oleh mahasiswa ataupun individu lainnya.

Melakukan ragam kegiatan lain selagi kuliah sangatlah penting, mengingat bayak sekali hal yang akan kamu dapatkan, yang tidak diberikan secara Cuma-Cuma lewat kegiatan perkuliahan yang kadang tak lebih dari sekedar ceramah dan berlangsung melalui interaksi satu arah.

Tapi tidak semua kegiatan bisa kamu lakukan, dan layak untuk kamu coba. Bisa-bisa, kamu malah tersesat, kehilangan arah, dan lupa esensi serta tujuan kuliahmu yang sesungguhnya. Lalu apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan soft skill selagi kuliah?

1. Membangun Kompetensi

Kompetensi yang beragam mutlak dibutuhkan via edumaxi.com

Meskipun beberapa dari kita masih meraba-raba apa kiranya yang mungkin akan kita lakukan di masa depan, namun beberapa orang telah memutuskan akan jadi apa dirinya, dan memulainya ketika berada di perguruan tinggi.

Jika kamu telah yakin dengan pilihan hidupmu, maka kamu dapat menunjang hal tersebut dengan membangun kompetensi mulai dari sekarang. Dalam hal akademik, misalnya. Kamu bisa mendaftar sebagai asisten dosen, melakukan penelitian mandiri, hingga melakukan kegiatan lain yang dapat menunjang kompetensi pada bidang profesi yang akan kamu geluti.

2. Ikut Organisasi

Nggak cuman teman, kamu juga bisa dapat gebetan via news.detik.com

Entah itu organisasi intra kampus, atau ekstra kampus, keduanya memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung dari softskill apa yang ingin kamu kembangkan. Jika kamu masih mencari-cari jati diri dan passion yang entah di mana, lebih baik untuk mencoba berbagai jenis jabatan atau peran dalam suatu keorganisasian.

Berbeda lagi jika kamu telah sepenuhnya sadar passionmu, lebih baik untuk menekuninya sehingga dapat berkembang menjadi keahlian. Akan tetapi, pastikan untuk tidak terjebak dengan zona nyaman. Cari tantangan dan pengalaman sebanyak-banyaknya, mumpung belum lulus dari kampus.

3. Bergabung dengan Kepanitiaan

Kerjasama adalah softskill yang penting via hastagcampus.com

Jika terikat dalam sebuah organisasi, beserta dengan keseharian dan tanggung jawab yang ada dirasa terlalu berat, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti berbagai kepanitiaan dalam suatu kegiatan saja. Selain itu, bergabung dalam kepanitiaan dapat memperluas jaringan, tanpa takut terjebak dengan orang yang itu-itu saja.

Ada banyak organisasi yang membutuhkan sumberdaya untuk kegiatan tertentu, dan kamu bisa mendaftar untuk satu periode yang singkat. Mendaftar kepanitiaan suatu acara dapat menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin mengisi waktu senggang, atau telah menetapkan kegiatan selain keorganisasian sebagai prioritas.

4. Volunteering

Untuk bisa bermanfaat nggak harus nunggu lulus via net-travel.org

Sebagaimana apa yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti organisasi, ataupun kepanitiaan, volunteering atau menjadi relawan lebih menitik beratkan pada kegiatan dan sumbangsih dalam bidang sosial. Volunteering bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memberikan dampak secara nyata kepada masyarakat.

Bedanya, kamu mungkin harus meluangkan waktu khusus di saat liburan untuk pergi ke tempat-tempat terpencil dengan akses yang minim. Karena bersifat sukarela, kamu mungkin tidak akan mendapatkan imbalan selain terimakasih sebagai tanda jasa. Namun pengalaman dan koneksi yang ditawarkannya pastinya akan berguna suatu saat nanti.

5. Kerja Sambilan

Kerja sambil kuliah itu keren via kanalaceh.com

Selain menambah pengalaman dan portofolio, kerja sambilan juga dapat sedikit menambah uang jajan dan penghasilan.

Meskipun kerja sambilan sangat nyaman bagimu, tetap pastikan kamu memiliki sirkulasi pertemanan yang sehat. Banyak dari mereka yang kerja sambil kuliah tidak memiliki koneksi yang berkembang, lantaran terjebak dengan lingkungan yang itu-itu saja. Lebih baiknya lagi, cari lingkungan kerja yang sekaligus dapat mempertemukanmu dengan orang-orang baru, sekaligus memberikan kesempatan untuk membangun jaringan.

6. Membangun Bisnis

Membangun bisnis selagi masih muda via welcome-center-malta.com

Bagi kamu yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pengusaha sukses, mewujudkannya sedari kuliah adalah pilihan yang tepat. Setelah kuliah, beban dan tuntutan lingkungan akan semakin berat. Apalagi, ketika kebanyakan orang melihatmu sebagai pengangguran atau pekerja serabutan. Berbeda ketika kamu telah memulainya sejak masa kuliah.

Kamu tidak perlu memulainya saat ini juga, akan tetapi setidaknya kamu telah menyusun pondasi yang kuat untuk mengembangkan bisnismu. Sepertihalnya mulai membangun koneksi yang relevan, merencanakan langkah strategis untuk satu atau dua tahun kedepan, atau sekedar menabung dan mencari pendanaan sebelum benar-benar memulainya.

7. Hunting Event

Ajang yang nggak cuma untuk hura-hura via mch-group.com

Jika enam cara di atas melulu tentang hal yang serius, berkaitan dengan masa depan dan sesuatu yang menentukan, tapi tidak begitu dengan yang satu ini. Hunting event sepertihalnya perlombaan, kompetisi, dan atau event besar menguntungkan lainnya bisa menjadi kegiatan yang cukup bermanfaat.

Beberapa event perlombaan dan kompetisi yang ada tidak jarang memberikan hadiah yang fantastis, seperti trip gratis ke luar negeri, menghadiri konferensi internasional, atau hanya sekedar bertemu dengan sosok idola dan hadiah yang tidak seberapa. Terlepas dari itu semua, selain cukup menyenangkan untuk dilakukan, kegiatan ini akan mengasah kemampuanmu dalam mencari peluang, serta dapat memberikan kamu berbagai pengalaman yang berbeda, sekaligus berharga.


Apapun jenis dan ragam kegiatan yang kamu ikuti selagi kuliah, pastikan berasal dari niatan yang benar, bukan sekedar untuk keren-kerenan, atau supaya dilihat lebih sibuk dari teman seperjuangan. Susun skala prioritas dengan porsi yang pas. Jangan sampai berbagai kesibukan yang kamu miliki justru membuat prestasi akademikmu menurun.

Ingat lagi tujuan dan biaya yang harus kamu keluarkan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi. Kecuali kegiatan yang kamu lakukan sudah lebih dari cukup untuk menjamin karir dan pekerjaanmu di masa depan, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyisihkan kegiatan perkuliahan, atau bahkan meninggalkannya sepenuhnya.

Beberapa orang sukses menemukan diri dan passionnya melalui perguruan tinggi, dan meninggalkan kampus dengan alasan untuk fokus padanya. Akan tetapi, lebih banyak dari mereka yang gagal karena kurangnya pertimbangan dan perencanaan yang matang di masa depan.

Jadi, apapun yang ingin kamu lakukan, pastikan untuk memiliki banyak pertimbangan dan perencanaan. Sehingga, kamu benar-benar tahu apa yang telah kamu lakukan, konsekuensi yang mungkin di timbulkan, dan kesiapan menjalankan rencana cadangan.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *