Edukasi

5 Jurusan yang Lulusannya Akan Selalu Dibutuhkan

Lulusan dari jurusan-jurusan ini akan banyak dicari-cari. Khususnya ketika kita berbicara tentang dunia yang selalu berkembang.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Jurusan yang Paling Menjanjikan

Perubahan membawa dunia pada ketidak pastian. Beberapa jurusan kuliah dan keahlian lantas menjadi kurang begitu relevan. Tidak heran, beberapa jurusan yang dimaksudkan mulai ditutup satu per-satu karena kehilangan peminat, selain memang karena lambat di serap. Bagi mereka yang telah terlanjur lulus pada jurusan yang dimaksud, mau tidak mau harus mencari alternatif keahlian yang memang di butuhkan.

Mulai dari bekerja di sektor informal, mendapatkan pelatihan, hingga memutuskan untuk kuliah lagi menjadi jawaban. Sementara itu, bagi kamu yang tengah berencana untuk kuliah, masih ada banyak kesempatan untuk berbedan. Kesempatan tersebut dapat kamu optimalkan dengan kuliah pada jurusan yang tepat.

Tidak melulu harus sesuai dengan passion yang kamu miliki, setidaknya jurusan yang kamu pilih adalah satu dari sekian jurusan yang akan bertahan hingga akhir zaman. Meskipun tidak akhir-akhir banget, setidaknya lulusannya tetap dibutuhkan tak peduli seberapa kencang jurusan tersebut diterpa perubahan.

1. Teknik Informatika

Kerjaan sehari-hari anak TI via ilmuonline.net

Revolusi industri 4.0 membutuhkan pekerja bidang informasi, komunikasi, dan teknologi. Disiplin Teknik Informatika menyediakan kebutuhan tersebut melalui serangkaian sistem manajemen informasi dengan membekali lulusannya ilmu pemrograman software, jaringan, website dan aplikasi pendukung sejenis.

Keunggulan jurusan ini tidak hanya pada bagaimana ia menjadi pelaku dalam proses inovasi dan penciptaan sebuah sistem informasi, namun juga dalam setiap operasional dalam keseharian sistem itu bekerja. Sehingga, lulusan teknik informatika akan terus dibutuhkan bersamaan dengan industri yang terus berjalan.

2. Industri Kreatif & Bisnis Digital

Proses kreatif mencipta karya via p3da.com

Jika lulusan teknik informatika mengadirkan sebuah sistem yang masif dan terotomasi, maka industri kreatif dan bisnis digital dapat dikatakan sebagai produk dan komoditas utama dari industri 4.0 itu sendiri. Sehingga, mereka yang terlibat didalamnya adalah pihak yang benar-benar menggerakkan perekonomian dengan terus melakukan inovasi.

Dibutuhkan kreativitas dan kemampuan untuk beradaptasi jika kamu ingin kuliah di jurusan industri kreatif dan bisnis digital. Apa yang ada dihadapan adalah ketidak pastian, dan oleh karena itu, jika kamu mendaftar kuliah pada lingkup jurusan tersebut, kamu akan belajar untuk menghadapi ketidak pastian itu sendiri. Sehingga, nantinya kamu akan lebih siap dalam menerima perubahan.

3. Media & Desain Komunikasi Visual

Setiap jualan butuh penampilan via mec.co.id

Jurusan media dan desain komunikasi visual dibutuhkan untuk setiap bisnis yang berkembang, khususnya di era digital seperti sekarang. Produk apapun yang dijual seseorang, desain dan kemasannya mampu berinteraksi dengan pelanggannya, serta didukung melalui publikasi media yang tepat, maka akan dapat diserap secara cepat oleh pasar yang ditargetkan.

Media dan desain komunikasi visual juga tidak terbatas pada lingkup bisnis. Akan tetapi di bidang travel, pendidikan, bahkan pemerintahan, kesemuanya itu membutuhkan tenaga manajemen media dan desain komunikasi visual yang mumpuni untuk mencapai tujuan-tujuannya.

4. Manajemen & Kewirausahaan

Seorang pimpinan yang mengatur anak buahnya via cardiff.ac.uk

Salah satu sektor yang tidak akan mati, bagaimanapun kondisi dan gonjang-ganjing dunia yang terjadi, adalah perdagangan. Akan tetapi, perdagangan yang baik tentunya didukung oleh manajemen yang tepat dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang kewurausahaan.

Oleh sebab itu, jurusan manajemen dan kewirausahaan menjadi satu dari sekian jurusan yang patut kamu pertimbangkan, lantaran akan senantiasa dibutuhkan oleh sektor bisnis apapun. Entah itu yang terlibat dalam mengolah sumber daya alam, hiburan, bahkan industri kreatif dan industri lainnya di masa depan.

5. Kuliner dan Tata Boga

Teknik memasak yang mengguncang dunia via akupintar.id

Makanan dan minuman menjadi kebutuhan dasar manusia kapanpun dan dimanapun juga. Kuliah di jurusan kuliner dan tata boga, selain ilmunya bisa digunakan sendiri, kamu juga dapat menggunakannya sebagai sumber pendapatan utama. Hanya saja, tiap segmen kuliner dan tata boga memiliki pasarnya sendiri-sendiri. Artinya, bahwa ada banyak potensi yang bisa digali dan dioptimalkan dari bisnis kuliner dan tata boga.

Setiap waktu konsumen menginginkan sesuatu yang berbeda, luar biasa, dan diluar batas kewajaran. Oleh karena itu, bisnis kuliner dan tata boga akan terus berkembang, bersamaan dengan jurusan kuliah ataupun pelatihan yang mulai dipromosikan. Sekurang-kurangnya, jika kamu tidak dapat bersaing dengan pasar di luar sana, kamu bisa membuka les atau pelatihan tata boga. Lumayan, bukan?

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *