Edukasi

7 Jurusan yang Cocok Buat Kamu yang Doyan Makan

Cuma bakat ngabisin makanan? Mungkin salah satu diantaranya cocok buat kamu. Siapa tahu?

Avatar Written by Kreta Amura
· 3 min read >
Jurusan Seni Kuliner atau Culinary Art

Salah satu kesulitan terbesar seorang pelajar adalah ketika dihadapkan pada sebuah pilihan, mau kuliah di jurusan apa. Bagi mereka yang telah menemukan passion dan sedari dulu telah mengasah bakatnya, tentu tidak akan kesulitan menjawab pertanyaan tersebut.

Lalu bagaimana dengan kamu yang sampai saat ini tidak tahu dan belum memutuskan untuk memilih jurusan apa? Sedangkan kemampuan dan hobi sehari-hari hanyalah makan dan makan. Eits! Jangan salah! Ternyata, ada beberapa jurusan yang ternyata sangat cocok buat kamu yang hobinya makan doang!

Berikut daftar 7 jurusan yang cocok buat kamu yang passion di bidang makanan

1. Jurusan Tata Boga

Belajar membuat dan menghias makanan via youthmanual.com

Tata boga merupakan jurusan komplit yang mempelajari sebuah masakan dari akar hingga ke permukaan. Mulai dari appetizer atau makanan pembuka, main course atau makanan utama dan dessert atau makanan penutup.

Di jurusan tata boga, kamu juga akan diajarkan bagaimana mengelola makanan dengan presisi dan konsistensi yang tinggi. Sehingga, selain belajar untuk menciptakan rasa yang menggugah selera, kamu juga akan diajarkan bagaimana mengkreasikan tampilan makanan yang menawan.

Tidak hanya sampai di sana, masakan yang kamu hasilkan tentu bukan masakan kaleng-kaleng atau mereka yang hanya bagus dari segi rasa dan tampilan, melainkan juga dari takaran bahan dan gizi yang seimbang.

2. Jurusan Baking and Pastry Art

Seni mengolah dan menghias pastry via youtube.com

Jurusan yang satu ini sangat berkaitan erat dengan roti-rotian. Bedanya dengan jurusan sebelumnya, jika tata boga mempelajari semua jenis masakan, jurusan Baking and Pastry Art hanya berfokus untuk mempelajari, mengolah dan menyajikan kue-kue, roti, atau dessert lainnya.

Kamu akan belajar pengetahuan dasar tentang patiseri, termasuk tentang bahan utama yang digunakan, teknik pengolahan terbaik, penggunaan alat, serta hal-hal lainnya yang perlu kamu ketahui untuk membuat aneka kue dan roti dengan cita rasa elegan lengkap dengan tampilannya.

Karena merupakan bagian dari tata boga, bukan berarti jurusan ini dapat diremehkan. Faktanya, patiseri memiliki detail dan kajian yang lebih luas dari yang diharapkan, dan oleh karenanya dapat dikatakan bahwa tidak semua juru masak merupakan patiseri yang handal.

3. Jurusan Bisnis Kuliner

Jurusan manajemen dan bisnis kuliner via mastersop.com

Trend kuliner sangatlah cepat berganti. Ada seseorang yang harus berdiri untuk mempelajari perkembangan trend, memetakan produk yang akan laris dipasaran, dan mendulang keuntungan dengan mengambil kesempatan disediakan oleh pasar.

Jika kedua jurusan yang telah disebutkan berfokus untuk mempelajari, serta menghasilkan sebuah produk kuliner, jurusan ini lebih melihat kuliner dari sudut pandang bisnis. Produk-produk tersebut, bagaimanapun juga harus dibalut dengan berbagai kemasan agar dapat diserap oleh pasar.

Apabila kamu adalah orang yang gemar mengamati makanan yang berada di sekitarmu, serta berencana untuk menjadi bos sebuah bisnis kuliner, maka jurusan ini adalah jurusan yang tepat untukmu. Selain itu, kamu secara harfiah benar-benar bisa makan sepuasnya dengan menggeluti bisnis kuliner.

4. Jurusan Teknologi Pangan

Menggunakan teknologi yang tepat untuk mengolah makanan via satujam.com

Jika sedari tadi kita berbicara tentang orang dan sumber daya manusia yang penting untuk keberlanjutan iklim kuliner, maka kesemuanya itu tidak bisa ditopang tanpa teknologi pangan yang mumpuni.

Jurusan teknologi pangan adalah jurusan yang tepat bagi kamu yang ingin mengembangkan kuliner namun tetap berada di balik layar. Memberikan dampak besar tanpa harus pontang-panting kesana kemari, dan menghabiskan waktu dari warung ke restoran.

Meskipun akan banyak belajar ilmu pengetahuan tentang bahan baku, khususnya bahan pangan setelah dipanen, tapi kamu juga bisa belajar banyak tentang seluk-beluk makanan termasuk tentang pengawetan makanan, pemrosesan makanan, pengemasan makanan, hingga distribusi makanan. Kamu juga akan belajar memilih bahan pangan dan kandungan gizinya.

5. Jurusan Seni Kuliner/Culinary Art

Setiap potongan makanan mengandung seni via careertoolkit.com

Faktanya, kuliner tidak melulu tentang nama, harga dan rasa. Makanan yang sama, jika disajikan dengan cara yang berbeda, maka dapat menghasilkan apresiasi yang berbeda pula bagi para penikmat kuliner. Apresiasi yang beda inilah yang kemudian membuat harga juga berbeda.

Jurusan yang juga kerap disebut Culinary Art ini mengajarkan teknik pembuatan masakan yang berasal dari berbagai negara. Masakan yang berbeda, tentu membutuhkan pengetahuan tentang bahan-bahan dan proses pembuatan masakan yang berbeda pula.

Tidak hanya itu, di jurusan ini, kamu juga akan belajar mengolah, menggunakan alat industri kuliner, hingga mengembangkan teknik penyajian makanan dengan kualitas hotel berbintang. Penasaran bukan?

6. Jurusan Gastronomi Molekuler

Teknik gastronomi molekuler dalam bidang kuliner via idntimes.com

Mungkin kamu belum familiar dengan jurusan ini, atau bahkan tidak sekalipun pernah mendengar nama jurusan ini. Gastronomi molekuler adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari transformasi kimia dan fisika pada makanan.

Akibatnya, makanan yang dihasilkan melalui kreasi ilmu gastronomi molekuler sangat menarik, unik dan tidak terduga. Misalkan saja makanan berwarna merah dan penuh dengan cabai, tapi nyatanya setelah dirasa ternyata manis dan asam.

Aplikasi prinsip gastronomi molekuler sendiri tergolong rumit, karena kamu harus menggunakan berbagai macam peralatan yang hanya bisa ditemui di ruang laboratorium. Di Jakarta Selatan, yang sudah menggunakan konsep ini yaitu Namaaz Dining. Wah, penasaran bukan?

7. Jurusan Gizi & Nutrisi

Gizi dan nutrisi dalam setiap makanan via vassar.cafebonappetit.com

Jika beberapa jurusan lainnya lebih dekat dengan kuliner dan makanan, jurusan gizi tidak begitu peduli dengan rasa, rupa, dan harga dari sebuah makanan. Kamu yang kuliah di jurusan Gizi akan begitu menekankan pentingnya kandungan gizi dari sebuah masakan melebihi segalanya.

Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan merasakan manfaat besar bagi diri kamu sendiri. Kenapa? Kamu akan menjadi lebih sadar mengenai betapa pentingnya kesehatan dan kandungan gizi makanan.

Tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga orang lain. Kamu akan mulai memperhatikan, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Mulai dari keluarga, hingga orang-orang terdekat yang tentunya dapat berdampak besar pada kehidupan mereka di masa depan.


Tapi meskipun demikian, berbagai jurusan di atas juga tetap mensyaratkan ketekunan dan kegigihan yang tinggi supaya kamu bisa sukses berkarir di dalamnya. Tentunya, bukan sebagai tukang makan biasa ya.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *