Edukasi

Jurusan Kuliah Paling Unik di Dunia

Cocok untuk jiwa-jiwa petualang yang kepalanya selalu dipenuhi dorongan untuk mencoba hal-hal baru.

Avatar Written by Kreta Amura
· 4 min read >
Jurusan Kuliah Astrobiologi

Ada banyak pertimbangan bagi seseorang dalam memilih sebuah jurusan kuliah, apalagi jurusan kuliah merupakan salah satu penentu atau setapak jalan untuk mempersiapkan masa depan.

Mulai dari potensi kerja yang diberikan, sustainabilitas jurusan, persaingan, peminat, hingga harga. Biasanya suatu jurusan kuliah dipilih oleh seseorang, dan dibantu dengan orang tua yang bersangkutan dengan penuh pertimbangan yang rasional.

Akan tetapi, beberapa orang memilih jurusan karena mereka memang suka, atau hanya sekedar ingin tahu dengan kegiatan dalam jurusan yang ditawarkan. Hal tersebut tidak mengherankan, apalagi ketika tahu jurusan tersebut adalah jurusan yang benar-benar baru, atau memang mengundang rasa ingin tahu bagi para pelamarnya.

Bagi kamu yang memiliki rasa penasaran atau keingin tahuan yang tinggi, 10 jurusan ini mungkin akan dapat memenuhi hasrat tersebut. Berani coba?

1. Astrobiologi

Kapan lagi KKN ke luar angkasa? via adastra.fit.edu

Jika astrologi mempelajari tentang benda-benda langit, sedangkan biologi mempelajari tentang kehidupan mahluk hidup, maka jurusan astrobiologi, sebagaimana itu dapat ditebak, mempelajari tentang kehidupan dan mahluk-mahluk tidak terdefinisikan, yang berada di luar Bumi.

Jurusan Astrobiologi merupakan salah satu jurusan unik, dan cukup menantang. Pasalnya, keberadaan jurusan ini secara tidak langsung memproklamirkan keberadaan mahluk dan kehidupan selain di bumi, sebagaimana elien, dan sebuah kehidupan yang disokong oleh sebuah sistem di luar sana. Tapi tidak hanya sampai di sana, jurusan ini juga mempelajari tentag asal usul dan evolusi Bumi dari berbagai periode kehidupan. Saat ini, program gelar sarjana dalam astrobiologi hanya dapat ditemukan di dua universitas di Amerika Serikat, yakni di Universitas Washington dan Universitas Pennyslvania.

2. Beatles

Bertanya-tanya mengapa mirip dengan nama band legendaris asal Inggris? Nama jurusan ini memang diambil dan terinspirasi dari sana. Lalu apa hubungannya dengan sebuah kajian ilmu dengan seni musik, atau band legendaris tersebut?

Menurut laman resmi Universitas Liverpool, satu-satunya universitas di dunia yang memiliki jurusan ini, Beatles merupakan bidang studi yang memungkinkan para mahasiswanya untuk meneliti dan menganalisis pentingnya musik-musik The Beatles dalam sejarah peradaban manusia. tidak hanya terbatas pada proses pembangunan identitas, melainkan juga pada para penonton, etnis, industri, dan pengaruhnya pada suatu masyarakat tertentu. Lulusan jurusan ini memiliki prospek pekerjaan di bidang industri musik pop, musikologi, dan tentu saja menjadi yang paling mengerti mengenai sejarah band The Beatles. Bagi kamu yang mengagumi The Beatles, kamu bisa mengetahui sejarah dan fakta The Beatles dari akar hingga ranting jika belajar di jurusan ini.

3. Bisnis Teknologi Penyelaman

Kehidupan bawah laut merupakan sebuah misteri yang seolah tidak pernah bisa habis untuk dikaji. Bayangkan saja, kisah hidup sebatang spons dan sahabat-sahabatnya saja dapat menjadi hiburan yang begitu diminati hingga kini. Apalagi, jika sebuah teknologi dapat membawa manusia untuk melihat lebih dekat dengan bentang alam yang selama ini masih menjadi misteri.

Baru dibuka pada Universitas Florida Keys Community College, jurusan bisnis dan teknologi penyelaman menawarkan pembelajaran tentang manajemen bisnis penyelaman hingga penyelamatan dalam penyelaman darurat.

4. Seni Komik

Di era digital atau yang lebih akrab disebut dengan industri 4.0, masyarakat lebih menghargai hasil karya seniman jauh dari era-era sebelumnya. Akibatnya, profesi yang berangkat dari hobi dan kesenangan mulai berjamuran, termasuk profesi animator, ilustrator dan komikus.

Bagi kamu yang sedari kecil suka menggambar, dan mendapatkan banyak teguran dari lingkungan karena dianggap buang-buag waktu saja, inilah saatnya untuk membuktikan pada mereka bahwa apa yang kamu lakukan selama ini bukanlah kesia-siaan belaka. Apa yang kamu lakukan, selama itu merupakan passion dan membuat kita bahagia, dan dilakukan dengan sungguh-sungguh, tidak akan pernah membawa hasil yang mengecewakan. Saat ini, jurusan comic art baru ada di Minneapolis College of Art and Design.

5. Ilmu Sains Olahraga dan Gerak

Ilmu senam juga bisa menjadi jurusan. Siapa yang sangka, ya? Jika kamu melakukan senam seminggu sekali, di jurusan ini, kamu bisa senam setiap hari lho! Ilmu ini mempelajari tentang gerakan-gerakan senam yang berpengaruh bagi kesehatan, kebugaran tubuh, hingga penanggulana suatu gejala atau penyakit.

Wah, tidak pernah terpikir sampai sejauh itu, bukan? Menurut Lewis University, salah satu universitas dengan jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang biomekanik, perilaku motorik, fisiologi olahraga, dan lain sebagainya. Prospek dari jurusan ini cukup luas, misalnya menjadi pelatih olahraga, ahli gizi kesehatan, pelatih kebugaran, dan masih banyak lagi profesi yang yang berhubungan dengan olahraga.

6. Oseanografi

Dengan potensi maritim yang sangat besar, sangat disayangkan jika jurusan ini tidak menjadi prioritas pilihan anak-anak penerus bangsa. Jika kamu kuliah pada jurusan Oseanografi, kamu akan belajar tentang seluk-beluk laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang lainnya, seperti halnya rekayasa lingkungan, penelitian bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Mempelajari oseanografi akan membuat kita memiliki ilmu yang tidak banyak dimiliki oleh orang lainnya. Sebagai Negara maritim, tentu jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat besar. Kamu tidak hanya bisa bekerja sebagai peneliti, melainkan pada bidang yang lebih praktis seperti pertahanan dan keamanan, bahkan di bidang bisnis pengolahan potensi alam dan kelautan. Dua universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung dan Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara.

7. Ilmu Pandai Besi

Profesi pandai besi memang populer di abad pertengahan untuk mengolah senjata dari berbagai jenis logam dan besi. Tapi siapa sangka, di zaman industri yang serba pesat ini, jurusan Pandai Besi hadir dan bersaing di antara jurusan teknologi pengolahan besi mutakhir.

Di jurusan Pandai Besi ini, kamu tidak akan diajarkan untuk berjualan besi. Melainkan belajar bahwa jumlah dan teknologi tetap tidak bisa menglahkan estetika dan karya seni yang dihasilkan dari tangan-tangan seorang pengerajin yang andal. Jurusan ini akan menyulap tangan amatiranmu menjadi tangan profesional yang memiliki nilai yang tidak bisa diragukan. Lulusan pandai besi memiliki prospek karir di bidang akademik maupun museum, serta bisa juga menjadi seorang seniman.

8. Teknologi Game

Bagi sebagian orang, khususnya orang tua, game merupakan suatu momok yang menakutkan. Tidak hanya membuat kecanduan, namun juga dapat mendorong seseorang untuk menghabiskan waktu dan tenaga dalam kesia-siaan. Namun, dari sudut pandang lain, game merupakan sebuah komoditas yang menjanjikan.

Bagi kamu yang suka bermain game, tidak ada salahnya jika kamu terjun lebih dalam pada dunia ini. Tidak hanya sebagai pemain dan consumer, melalui jurusan ini, kamu bisa belajar untuk merancang sebuah konsep game yang kamu idamkan, mengembangkannya, hingga memasarkannya pada khalayak ramai. Di Indonesia, ada beberapa universitas dengan jurusan Teknologi Game seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, hingga Universitas Negeri Malang. Ingin coba?

9. Kesenian Pewayangan

Di saat semua lini kehidupan mengalami perkembangan berkat teknologi mutakhir, tidak dengan beberapa segi hiburan dan kebudayaan. Keotentikan dari kedua unsur tersebut masih begitu diminati sebagai bagian dari sejarah dan kebudayaan suatu bangsa. Tidak heran, beberapa jurusan yang melestarikan nilai-nilai tradisional sepertihalnya jurusan Kesenian Pewayangan memiliki nilai tinggi, khususnya jika ditinjau dari segi ekonomi pariwisata.

Sayangnya kamu tidak akan menemukan jurusan ini di Indonesia, melainkan di Universitas Connecticut. Di jurusan ini, kamu tidak hanya akan belajar tentang bagaimana menampilkan sebuah seni wayang di panggung. Lebih dari itu, kamu akan belajar dari akarnya, mulai dari bagaimana cara membuat seni wayang, membuat mascot, menyusun cerita hingga berlanjut pada sebuah teater drama.

10. Ilmu Studi Holokaus

Holokaus merupakan salah satu bagian dari sejarah dunia, yang mana pada Perang Dunia II, terjadi genosida atau pembantaian besar-besaran pada enam juta penganut Yahudi Eropa. Genosida terjadi secara sistematis, dilakukan oleh negara Jerman Nazi yang kala itu dipimpin oleh Adolf Hitler dan berlangsung di seluruh wilayah yang berhasil didudukinya.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai sejarah, karakteristik, efek, dan implikasi keadilan sosial di dunia dari fenomena Holokaus. Jurusan Ilmu Studi Holokaus bisa kamu temukan di Elmhurst College. Berminat?

Dari 10 jurusan kuliah unik di atas, jurusan mana yang menurutmu paling langka, dan layak untuk dicoba?

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *