Hiburan

5 Drama Korea yang Cocok Buat Ngisi Libur Panjang Sekolahmu

Mulai dari kehidupan remaja yang penuh mimpi, percintaan yang menye-menye, hingga persaingan yang menegangkan.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Drama Tentang Dunia Pendidikan Korea Selatan

Setelah mengalami hari-hari berat di sekolah, diterpa badai ujian dan remedial, liburan sekolah merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Setidaknya, momen istimewa untuk mengistirahatkan jiwa-jiwa yang lelah.

Namun pada kenyataannya, rasa bosan terkadang hinggap dan hadir di sela-sela liburan sekolah. Apalagi, jika liburan hanya diisi dengan bangun-makan-tidur lagi. Sehingga, tidak jarang kita sering ingin cepat masuk kuliah karena saking bosannya.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan mengisi liburan dengan menonton drama korea. Entah menonton sendiri, atau bersama teman sembari melakukan keseruan lainnya. Lalu, drama korea seperti apa yang cocok untuk mengisi liburan sekolahmu?

Berikut daftar 5 drama korea bertema sekolah terbaik yang kami rangkum untukmu!

1. Dream High

Drama Korea Tentang Sekolah Terbaik

Dream Hihh drama poster via dramapanda.com

Dream High menceritakan perjuangan Go Hye Mi dan kawan-kawannya untuk menjadi seorang superstar melewati berbagai masalah dan konflik remaja yang terjadi dan mereka alami. Drama korea yang satu ini penuh dengan pesan yang inspiratif, serta latar belakang yang pasti sukses bikin kamu serasa nonton sambil ngiris bawang.

Berlatar belakang di Kirin Art School, sekolah khusus untuk mereka yang bercita-cita menjadi seorang idol atau artis korea. Cerita Dream High dimulai dari kisah Go Hye Mi, siswa yang terobsesi dengan musik klasik namun harus menyerah karena ayahnya bangkrut dan terlilit hutang. Dia harus rela mendaftar di sekolah yang dulunya dicacinya, demi menjadi seorang selebriti kelas tiga dan membayar lunas semua hutang ayahnya yang kabur entah ke mana.

2. High School Love On

Drama Korea Tentang Kehidupan Remaja

High School Love On drama poster via koreandrama.org

Serial drama High School Love On bergenre fantasy-school life yang berjumlah 20 Episode. Drama ini pertama ditayangkan di Korea Selatan oleh stasiun TV KBS pada 11 Juli hingga 19 Desember 2014. Sementara itu, castingnya diisi oleh bintang-bintang muda berbakat seperti Kim Sae Ron dan dua anggota boyband INFINITE yaitu Nam Woo Hyun dan Lee Sung Yeol.

Drama ini bercerita tentang seorang malaikat pencabut nyawa yang bernama Lee Seul-Bi yang turun ke bumi. Di tengah perjalanan, ia melanggar aturan karena telah menyelamatkan nyawa manusia. Ia kemudian dihukum dan menjalani hidupnya sebagai manusia yang fana. Mereka kemudian masuk dalam satu sekolah yang sama, dan dari sinilah benih-benih cinta mulai tumbuh dan bermekaran.

3. Cheer Up

Drama Korea Terbaik dan Mendidik

Cheer Up drama poster via majimaksarang.com

Drama ini pertama kali ditayangkan oleh stasiun TV KBS2 pada tanggal 5 Oktober 2015. Meskipun memiliki konflik dan alur cerita yang sederhana, hal yang istimewa dari drama besutan sutradara Lee Eun Jin ini adalah kehadiran aktor dan aktris muda berbakat seperti Jung Eunji, Lee Won-Geun, Chae Soo-Bin, serta Cha Hak Yeon.

Cheer Up berkisah tentang para siswa SMA yang akan segera menempuh ujian masuk perguruan tinggi. Mereka diharuskan untuk meningkatkan portofolio agar dapat bersaing dengan siswa lainnya untuk bisa diterima di universitas yang diidamkan. Untuk menyertai perjuangan mereka, dibentuklah cheerleaders. Konflik yang terjadi bisa di kata ringan, namun cukup berkesan. Cocok buat kamu yang udah nggak sanggup buat mikir berat.

4. Who Are You

Drama Korea Terbaru

School 2015: Who Are You drama poster via elvitafitriani.blogspot.com

School (2015): Who Are You merupakan drama korea yang mengusung tema sekolah. Serial School sendiri sebenarnya telah dimulai sejak tahun 90an. Namun seiring berjalannya waktu, konflik dan jalan cerita selalu berubah, menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan setting dunia sekolah pada masanya. School 2013 dan 2017 juga tidak kalah bagusnya lho.

Drama ini mengisahkan kehidupan dua saudari kembar yang sejak kecil telah berpisah, serta memiliki kehidupan yang begitu berbeda. Dalam sebuah perjalanan wisata, Eun Byul (Kim Soo Hyun) menghilang tanpa sebab. Bersamaan dengan hal tersebut, Eun Bi yang merupakan kembarannya muncul dengan ingatan yang menghilang. Sejak saat itu, Eun Bi menjalani hidup sebagai saudara kembarnya. Namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu, misteri dan rahasia kelam mulai terungkap.

5. Sky Castle

Drama Tentang Dunia Pendidikan Korea Selatan

Sky Castle drama sountrack collection via hulkpop.com

Drama Korea Sky Castle telah ditayangkan di Indonesia mulai dari 15 April 2019 oleh Trans TV setiap minggunya pada pukul 19.30 WIB. Sky Castle sendiri telah dinobatkan sebagai drama korea dengan rating tertinggi dalam sejarah TV kabel karena berhasil menggali rasa penasaran dan antusiasme penonton mengalahkan rekor Goblin (2016)

Secara sederhana, drama ini mengisahkan obsesi 4 keluarga yang tinggal dan hidup di lingkungan elit yang bernama Sky Castle terhadap masa depan, khususnya pendidikan anak-anak mereka. Para ibu-ibu bekerja dengan sangat keras untuk mendorong kesuksesan suaminya, sejalan dengan mempersiapkan pendidikan terbaik untuk putra-putri mereka, yang dalam drama ini justru dikisahkan hidup dengan penuh tekanan.


Ada banyak sekali drama korea yang mengusung tema tentang sekolah. Namun dari semua drama yang ada, lima drama di atas adalah drama korea bertema sekolah terbaik dan paling relate dengan kehidupanmu, serta memiliki kualitas terbaik dari segi cerita, maupun sinematografi. Selain itu, tidak dianjurkan bagi kamu untuk membuang lebih banyak waktu dengan hanya melihat drama korea seharian.

Terlepas dari itu semua, dafar judul drama korea tentang sekolah di atas juga tidak hanya bisa dinikmati oleh kaum pelajar ataupun mahasiswa saja.

Mereka yang sudah dewasa, juga bisa menonton dan menikmati daftar judul drama korea tentang sekolah yang telah disebutkan. Nyatanya, kita semua pasti pernah kangen denga masa masa sekolah, apalagi SMA. Nonton daftar di atas dapat menjadi nostalgia untuk mengenang masa-masa tersebut.

Baik bagi mereka yang telah lulus sekolah, maupun bekerja dan telah membangun rumah tangga.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *