Hukum

5 Langkah Praktis untuk Mendaftarkan Hak Cipta Sebuah Lagu

Seorang seniman harus tahu bagaimana mencipta sekaligus melindungi setiap karya yang bagaikan anak baginya.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Tutorial Mendaftarkan Hak Cipta Lagu

Kemajuan teknologi membuat setiap orang kini bebas untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka seluas-luasnya, khususnya pada industri kreatif. Siapapun bisa membungkus diri sebagai sebuah brand dengan mulai menulis, membuat vlog, halaman website pribadi, hingga lagu yang dulunya hanya bisa diproduksi melalui dapur produksi.

Cepatnya persebaran arus informasi di internet nyatanya menjadi momok tersendiri. Jika lagu yang kita ciptakan nantinya dapat diterima oleh khalayak, maka akan selalu ada pihak yang tidak bertanggung jawab muncul demi keegoisan untuk mengeruk kepentingan sendiri, turut merugikan kita sebagai pencipta yang sebenarnya.

Perlindungan hak cipta, merupakan solusi untuk melindungi lagu yang kita ciptakan. Sebenarnya, cara mendaftarkan hak cipta sebuah lagu sangat mudah, dan bahkan bisa dilakukan secara online. Akan tetapi, banyak yang belum tahu bagaimana prosedur pendaftaran hak cipta pada sebuah lagu.

Untuk itu, berikut langkah praktis untuk mendaftarka hak cipta pada lagu buatan sendiri. Dengan melindungi lagu dengan hak cipta, setidaknya kita tidak perlu banyak khawatir sehingga dapat berfokus untuk menciptakan lagu lainnya.

1. Registrasi

Mendapatkan sebuah akun via adolescent-psychiatry.org

Sebagaimana syarat untuk menikmati hampir seluruh layanan berbasis online, maka kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan diri dengan membuat sebuah akun. Pada laman yang pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat e-mai, dan lain-lain.

Pengajuan akun dapat mewakili diri sendiri, komuntas atau organisasi, maupun perusahaan. Ingat dan simpan baik-baik data penting seperti username dan password, karena melalui akun yang sama, kamu juga bisa mendaftarkan produk kreatif lain sepertihalnya resep, blueprint, atau hasil penelitian.

Laman pendaftaran akun dapat diakses melalui: https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/register

2. Unggah Berkas

Mengunggah berkas online via shutterstock.com

Setidaknya, ada dua berkas yang harus diunggah sebagai persyaratan untuk mendaftarkan hak cipta lagi. Pertama, adalah surat pernyataan yang mencakup nama pencipta dari lagu yang dimaksud. Kedua, adalah contoh atau rekaman lagu, lengkap dengan notasi angka/balok dalam bentuk mp4, atau pdf.

Apabila nama pemegang hak cipta dengan pemohon berbeda, maka harus turut menyertakan surat pengalihan hak. Berkas-berkas yang diunggah demi mengajukan hak cipta pada sebuah lagu berukuran tidak lebih dari 20 Mb.

3. Pembayaran

Metode pembayaran online via bworldonline.com

Apabila dokumen yang diunggah telah lengkap, maka akan keluar kode billing. Pembayaran harus segera dilakukan dalam jangka tiga (3) hari kalender.

Untuk perseorangan, usaha mikro dan usaha kecil, biaya administrasi untuk pencatatan hak cipta suatu lagu yang dilakukan secara online adalah sebesar Rp. 200.000, sedangkan jika menggunakan fasilitas nonelektronik sebesar Rp. 250.000. Sementara itu untuk umum, atau perusahaan, dikenakan biaya sebesar Rp. 400.000 secara online, dan Rp. 500.000 jika menggunakan fasilitas nonelektronik.

asal 66 ayat (2) huruf C UU Hak Cipta

Pemohon melakukan pembayaran melalui Bank Persepsi atau Pos Persepsi yang menggunakan Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Online (SIMPONI).

4. Verifikasi

Verifikasi akun dan berkas via mashable.com

Jika seluruh prosedur di atas telah dilakukan, maka langkah selanjutnya hanyalah menunggu. Petugas akan melakukan verifikasi terhadap kelengkapan, serta kebenaran data. Apabila terdapat kekurangan kelengkapan dokumen persyaratan, DJKI memberitahukan kepada pemohon untuk dilengkapi.

Kesalahan pada data yang dimasukkan, atau keabsahan dokumen yang diunggah sepenuhnya menjadi tanggung jawab kamu, sebagai pemohon. Jadi pastikan untuk mengecek dua kali sebelum melakukan finalisasi.

Setelah semua data lengkap dan berhasil diverifikasi, pendaftaran hak cipta akan disetujui. Perlu diketahui, prosedur verifikasi untuk jenis karya sepeti seni gambar, lukisan, alat peraga, dan sebagainya, akan dikecualikan.

5. Pencetakan Sertifikat

Surat-surat berharga insightfulnana.com

Persetujuan atas permohonan diikuti dengan penerbitan surat pencatatan ciptaan berupa lagu dalam daftar umum ciptaan oleh Menteri Hukum dan HAM. Turut diterbitkan pula sebuah sertifikat yang dapat kamu unduh, dan dicetak sendiri melalui akun masing-masing. Untuk memastikan apakah sertifikat yang dimaksudkan asli dan telah disahkan, pindai QR code yang ada pada sertifikat.

Proses penyelesaian pencatatan dan penerbitan sertifikat umumnya hingga satu (1) hari kerja. Untuk jenis ciptaan yang dikecualikan, biasanya akan memakan waktu sedikit lebih lama.


Jika kebetulan sistem sedang mengalami gangguan, dan anda dalam keadaan yang tergesa untuk segera mendaftarkan hak cipta lagu, kamu bisa mendatangi kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Perlu dipahami dengan baik bahwa pendaftaran hak cipta lagu bukan merupakan syarat untuk mendapatkan hak cipta, karena prinsip hak cipta sendiri adalah suatu yang muncul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata.

Dengan begitu, pencatatan atau pendaftaran hak cipta sebuah produk, atau dalam hal ini lagu bermanfaat untuk mengantisipasi adanya pihak lain yang menggunakan atau mengomersilkan lagu kita tanpa izin, munculnya perselisihan dengan pemegang hak cipta, serta bukti atau alat untuk meminta pembatalan pendaftaran hak cipta pada karya yang dijiplak.

Ilustrasi hak cipta lagu via whatiscopyright.org

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *