Edukasi

3 Beasiswa Unggulan dari Pemerintah untuk Putra-putri Indonesia

Beberapa beasiswa berikut ini dapat antarkan kamu kuliah gratis di berbagai PTN, sampai ke luar negeri.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Info LPDP Beasiswa Pemerintah Terbaik

Ada banyak sekali program beasiswa dari pemerintah, khususnya pada masing-masing kementrian. Akan tetapi, beberapa hanya terbatas pada beasiswa untuk staff dan karyawan atau ASN, sedangkan lingkup tujuan dari beasiswa sendiri terbatas hanya di dalam negeri.

Tapi, kamu tidak perlu berkecil hati. Dari sekian banyak program beasiswa yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia, beberapa diantaranya dapat diakses oleh masyarakat umum, dan bahkan fresh graduate!

Tidak hanya itu, universitas pilihan atau tujuan pun dapat sangat beragam. Sehingga, bagi kamu yang memiliki mimpi untuk kuliah gratis ke luar negeri, beberapa program beasiswa dari Pemerintah Indonesia ini layak untuk kamu perjuangkan.

1. Beasiswa Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)

Beasiswa Kemkominfo via techno.id

Menyediakan bantuan pendidikan untuk magister dan doktoral, beasiswa dari kementrian komunikasi dan informatika ini berfokus pada pengembangan sumberdaya profesional. Jika kamu adalah fresh graduate, kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini sangatlah kecil.

Sebaliknya, bagi kamu yang sudah bekerja pada bidang prioritas Kemkominfo sekurang-kurangnya dua tahun, dan dapat dibuktikan dengan surat keterangan kerja atau surat rekomendasi perusahaan, kamu memiliki kesempatan dan modal yang besar untuk bisa diterima.

Tidak hanya aparatur sipil Negara, POLRI, atau TNI. Kamu yang merupakan karyawan/karyawati dari perusahaan swasta pun mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa akan diprioritaskan pada mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kesediaan untuk kembali ke Indonesia untuk memimpin Indonesia di masa mendatang.

Bahkan, beasiswa dari Kemkominfo ini juga memberikan kesempatan yang lebih besar dari penyandang disabilitas.  

2. Beasiswa Unggulan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Beasiswa unggulan Kemdikbud via pengadaan.kemdikbud.go.id

Diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, beasiswa Unggulan ditujukan untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Oleh karenanya, fokus dari program ini adalah memberikan beasiswa pendidikan bagi tenaga pengajar, serta pegiat kebudayaan.

Akan tetapi, tidak terbatas pada dosen ataupun pegawai kemdikbud saja, namun juga terbuka bagi seluruh bidang, selama masih memiliki relevansi untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan di Indonesia, beasiswa ini juga memprioritaskan para pelamar yang berasal dari daerah terpencil dan berada dalam garis kemiskinan.

Cakupan beasiswa Unggulan cukup luas. Tidak hanya untuk program magister dan doktoral, program ini juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA untuk mengenyam pendidikan sarjana di dalam maupun di luar negeri.

Bagi kamu yang bukan merupakan tenaga pengajar ataupun staff kemdikbud, pastikan kamu memiliki prestasi dan minat yang berkaitan erat dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia, serta telah memiliki kontribusi yang nyata, sekecil apapun itu.

3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP via atmago.com

LPDP merupakan program beasiswa paling populer yang diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia. LPDP bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin Indonesia di masa mendatang melalui jalur pendidikan. Tidak heran, tuntutan dan target yang dibidik oleh LPDP adalah setiap insan yang memiliki jiwa kepemimpinan, kepedulian, serta visi dan misi yang jelas.

Selain menawarkan bantuan biaya pendidikan, tunjangan, serta akomodasi di dalam negeri, LPDP juga memberikan kesempatan yang sama untuk mereka yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Namun dengan syarat, bagi mereka yang berkuliah di luar negeri, harus bersedia kembali untuk mengabdi.

Beasiswa LPDP juga memiliki kategori khusus seperti untuk wilayah Indonesia Timur, Afirmasi atau masyarakat miskin dan berdomisili di 3T, serta Santri. Penyandang disabilitas pun dapat mengikuti beasiswa ini tanpa terkecuali.

Tidak hanya sampai di sana, LPDP juga menawarkan jaringan profesional dan komunitas alumni yang sangat solid, tersebar di seluruh Indonesia, dan tentu memiliki keunggulan serta kualitas yang tidak akan kamu dapatkan pada komunitas-komunitas awardee lainnya.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *