Travel

7 Barang yang Wajib di Bawa Saat Traveling

Mulai dari yang paling sering dibawa, hingga hal sepele yang selalu ketinggalan. 7 barang ini tidak boleh terlewatkan saat traveling.

Avan Fadli Written by Avan Fadli
· 2 min read >
Passport dan KTP Wajib Dibawa Saat Traveling

Bagi kamu yang ingin memulai atau setidaknya mencoba untuk traveling atau berwisata ke tempat yang jauh, mungkin akan sedikit kebingungan dengan barang bawaan apa yang harus dipersiapkan ke dalam ransel atau tas kamu.

Traveling pada dasarnya tidak perlu diperumit dengan beberapa barang bawaan yang tak penting, namun kamu harus memastikan beberapa barang telah tersimpan aman di tas kamu untuk sewaktu-waktu digunakan jika bepergian.

Lalai dengan tidak membawa beberapa barang penting mungkin akan membuat kamu kesulitan di jalan. Berikut 7 barang yang wajib kamu bawa saat pergi traveling atau melakukan perjalanan wisata selain baju ganti tentunya.

1. Dokumen Identitas

Passpor Indonesia via blog.reservasi.com

Dokumen dan tanda identitas merupakan salah satu hal terpenting yang harus dibawa ketika kamu sedang bepergian jauh, bahkan kemanapun kamu pergi. Pastikan untuk memiliki salinannya baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Jika sewaktu-waktu kamu tak lagi memiliki barang-barang atau kehilangan dokumen-dokumen pentingmu, kamu bisa mengunduhnya dari drive atau email.

2. Gadget/Alat Komunikasi

Gadget teman setia traveler via idntimes.com

Selain dokumen dan identitas pribadi, alat komunikasi menjadi penting jika terjadi hal-hal darurat yang berada di luar kendali kita. Alat komunikasi canggih di era ini juga sangat membantu perjalanan wisata kamu. Misalnya menemukan tempat-tempat indah yang tersembunyi, pemandu jalan, hingga memperkirakan kemacetan, mengambil gambar, dan hal menarik lainnya yang tentunya dapat membuat perjalanan wisata kamu menjadi lebih efisien.

Karena alat komunikasi sangat penting, maka pergunakan dengan bijak dan selalu siapkan daya cadangan di saat-saat yang paling menentukan dengan membawa powerbank.

3. Universal Adaptor

Universal adaptor untuk para traveler via travel-wifi.com

Jika kamu memiliki banyak gadget untuk dibawa, maka universal adaptor merupakan salah satu barang yang juga tak boleh ditinggalkan. Beberapa daerah, khususnya Negara tertentu mungkin memiliki jenis colokan yang berbeda dengan charger gadget yang kamu miliki.

Benda ini dapat dieliminasi jika kamu memiliki informasi yang akurat terkait dengan jenis colokan yang mereka gunakan di tempat tujuan wisata kamu.

4. Perlengkapan Keselamatan & P3K

P3K yang harus di bawa saat traveling via cleverdeverwherever.com

Tidak hanya membawa obat untuk penyakit kambuhan, kamu juga perlu untuk membawa perlengkapan P3K karena banyak situasi tak terduga yang mungkin akan terjadi selama kamu melakukan perjalanan wisata.

Apalagi, jika kamu adalah solo traveler dan sedang berada di tengah-tengah daerah di mana akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sangatlah sulit. Maka pertolongan pertama mutlak kamu butuhkan, dan kamu harus berupaya untuk menyediakannya, setidaknya untuk dirimu sendiri.

5. Tisu Basah/Handsanitizer

Tisu basah untuk membersihkan tangan dari kuman via vogelsang.info

Barang ini sering dilupakan, dan kerap disepelekan. Padahal, menjaga kesehatan itu penting khususnya pada tempat yang masih asing bagi kita. Akan sangat merepotkan jika kamu mendapatkan masalah kesehatan pada saat sedang berlibur.

Tak hanya akan mengurangi kesenangan liburan, kamu mungkin tidak akan bisa beraktifitas dengan baik seusai liburan karena masih harus mendapatkan istirahat dan menanganan medis yang cukup. Tentunya kamu tidak ingin liburan yang indah berakhir menyedihkan bukan? Untuk itu selalu bawa tisu basah atau handsanitizer kemanapun kamu pergi.

6. Dompet/Tas Pinggang

Tas pinggang stylish untuk traveling via upgradedpoints.com

Dompet atau tas kecil membuat kamu terlihat tetap trendi ketika bepergian. Kamu bisa meninggalkan berkilo-kilo barang bawaan di penginapan pada pagi hari, membawa beberapa benda yang kamu butuhkan pada dompet atau tas kecil sebelum kemudian mulai melancong dan berpetualang pada siang harinya.

Namun perlu diperhatikan, kamu juga mempertimbangkan dompet yang sekiranya bisa disembunyikan atau dikamuflasekan jikalau berada di tempat dan situasi yang berbahaya agar tidak menarik perhatian.

7. Kantong Plastik/Zipper Bag

Zipper bag untuk pisahkan barang saat traveling via ebay.com

Meskipun kecil dan sepele, kantong plastik tak bisa kamu kecualikan dalam daftar barang bawaan yang harus kamu bawa ketika traveling. Kantong plastik akan sangat membantu ketika kamu mabuk, memisahkan pakaian kotor dan basah dengan pakaian bersih dan kering.

Juga, bermanfaat untuk mengangkut makanan atau barang belanjaan. Penting dan praktis bukan? Jadi jangan lupa untuk membawa kantong plastik disaat kamu sedang melakukan perjalanan wisata.

Written by Avan Fadli
Berkelana mencari makna kehidupan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *