Edukasi

7 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Asing (Selain Bahasa Inggris)

Faktanya, bahasa Inggris tidak sepopuler yang kamu sangka. Bahasa utama penduduk dunia tida hanya Inggris saja.

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Manfaat Belajar Banyak Bahasa

Belajar bahasa Inggris atau bahasa internasional sangatlah penting, selain berkesempatan untuk meningkatkan jenjang karir pada rentang yang lebih luas, kita juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru yang belum dikebumikan pada literature dan bacaan dengan bahasa yang kita gunakan saat ini.

Namun itu saja belum cukup, bahasa asing selain bahasa inggris seperti mandarin jerman, dan lain-lain juga tak kalah penting dan menarik untuk dipelajari. Setidaknya ada 7 alasan mengapa kamu harus memulai belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasamu jauh di atas orang-orang kebanyakan.

1. Mempertajam Pikiran dan Wawasan

Wawasan dan kesadaran yang terbuka via goodfon.com

Orang-orang yang memiliki kemampuan fasih berbahasa lebih dari satu terbukti memiliki ingatan yang lebih baik, kreativitas yang lebih tinggi, serta lebih fleksibel secara kognitif daripada mereka yang hanya berbahasa ibu. Mereka yang berbicara lebih dari satu bahasa akan terlatih dan terbiasa untuk menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan otaknya secara efisien.

Selain itu, menguasai bahasa asing tentu akan memperkaya pengetahuanmu, terutama pengetahuan-pengetahuan yang terkandung di dalam buku bahasa asing dan tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dengan menguasai bahasa asing tentu saja akan memudahkanmu untuk mengerti dan memperkaya pengetahuanmu.

2. Menurunkan Resiko Demensia dan Alzheimer

Tetap prima di hari tua timeanddate.com

Kemampuan bahasa yang kamu miliki dapat menghindarkan dari berbagai peluang kerugian di masa tua nanti. Dilansir dari Time, peluang orang-orang bilingual mengalami demensia akibat usia lebih lambat 4,1 tahun daripada kelompok orang yang hanya berbahasa ibu. Selain itu, orang-orang bilingual juga dipercaya memiliki pemunduran peluang mengalami Alzheimer 5,1 tahun lebih lambat daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa saja.

Hal ini disebabkan karena pendidikan, kemampuan berbahasa lain, hingga bahkan bermain Sudoku akan menguatkan otak dan membantunya lebih tahan banting terhadap penyakit. Teori lain mengatakan, otak para multilingual mengalami peningkatan yang sama dengan mereka yang monolingual, namun orang-orang multilingual dapat mengatasinya dengan lebih baik karena otak mereka bekerja pada tingkat yang lebih tinggi daripada seharusnya untuk dapat berfungsi.

3. Memperluas Kesempatan dan Pilihan

Kebebasan dalam memilih jalan via michaelhyatt.com

Ketika anda menguasai bahasa asing, kesempatan untuk meningkatkan karir dan pendapatan terbuka luas untuk anda. Kemampuan berbahasa menjadi sesuatu yang amat sangat dihargai di era globalisasi. Anda bisa mendapatkan kesempatan dan koneksi yang tak pernah anda duga-duga sebelumnya akan datang karena kemampuan anda dalam berbahasa.

Pikirkan saja nilai tambah yang bisa anda dapatkan jika anda menguasai bahasa mandarin atau jepang di tempat kerja saat ini. Mungkin anda akan dimasukkan ke dalam tim pengembangan bisnis, atau bahkan menjadi pemimpin dalam sebuah proyek kerjasama internasional. Tak hanya sebatas itu, kemungkinan dan kesempatan yang lebih besar telah menannti anda.

4. Melepaskan Ketergantungan pada Bahasa Inggris

Bahasa yang besar tidak hanya Inggris saja via theconversation.com

Seringkali, seseorang terlampau bergantung pada bahasa inggris. Meskipun bahasa inggris penting dan diakui oleh masyarakat internasional, bukan berarti kita bisa mendapati banyak orang berbicara bahasa inggris ketika kita sedang dalam perjalanan ke luar negeri.

Di Negara yang bukan merupakan penutur bahasa Inggris, kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan bantuan dalam hal petunjuk jalan atau sekedar untuk menemukan orang yang benar-benar menguasai bahasa inggris sebaik dirimu.

Alhasil, kamu perlu mempelajari beberapa bahasa keseharian yang akan mempermudah perjalananmu saat itu. Dan itu akan sangat membuang waktumu. Berbeda jika kamu telah mengetahui bahasa mereka sesaat sebelum menginjakkan kaki ke Negara tersebut. semua akan terasa berbeda dan begitu mudah, tak perlu buang-buang waktu untuk menemukan orang yang bisa berbicara bahasa Inggris.

5. Lebih Menghargai Budaya Setempat

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung via hostelworld.com

Bahasa merupakan cara berkomunikasi dengan seseorang atau masyarakat. Dengan menggunakan bahasa yang dipakai oleh masyarakat setempat saat kita mengunjungi suatu tempat, kita akan lebih mudah diterima dan dikenal.

Kita akan dianggap lebih menghargai budaya mereka, dan untuk itu mereka tak akan segan-segan memberikan bantuan dan apapun yang kita perlukan.

Anda bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan, memahami budaya, serta mendapatkan teman-teman dari komunitas lokal dengan cara yang lebih menyenangkan ketika memahami dan sanggup utuk menuturkan bahasa yang mereka pakai.

6. Menjadi Multitasker Andal

Seorang multitasker adalah pribadi yang kuat via regus.co.mz

Ketika kita berusaha untuk menuturkan sesuatu dalam bahasa asing atau bahasa baru, kita terlebih dahulu akan memunculkan kata tersebut dalam benak kita dalam bentuk bahasa ibu yang kita kuasai, kemudian baru men-transfer-nya ke dalam bahasa yang kita kehendaki.

Hal tersebut akan terus kita lakukan dengan intensitas yang sangat cepat, bahkan kita tidak akan sadar telah melakukan pekerjaan rumit itu ketika kita telah terbiasa. Otak kita telah terbiasa untuk melakukan beberapa tugas rumit sekaligus.

Menurut Pennsylvania State University, orang yang memiliki kemampuan multilingual merupakan “multitasker” (orang yang melakukan beberapa pekerjaan pada saat bersamaan) yang handal.

7. Langkah Awal untuk Belajar Bahasa Lainnya

Menguasai dunia dengan bahasa via antisemit-ru.livejournal.com

Belajar bahasa asing mungkin sesuatu yang sulit di awal. Hal ini karena kita tidak terbiasa dengan struktur bahasa yang sama sekali berbeda.

Namun sesaat setelah kamu telah terbiasa dengan struktur dan cara mempelajari suatu bahasa, semuanya akan terasa masuk akal dan bahkan menyenangkan untuk mempelajari suatu bahasa. Bisa jadi, bahasa asing yang saat ini sedang kamu pelajari adalah langkah awal untuk bisa mahir dan menguasai puluhan bahasa lainnya.

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *