Edukasi

5 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universitas Bergengsi

Selain motivasi diri, faktor penentu keberhasilan adalah lingkungan tempat kita belajar. Lalu, bagaimana kampus terbaik membantu kamu?

Avatar Written by Kreta Amura
· 2 min read >
Lulus dari Universitas Terbaik

Kuliah memang bukan persoalan gaya dan pestis, lebih dari itu kuliah adalah tentang esensi, semangat dan kesungguhan belajar hingga nantinya kita bisa lulus dan menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Namun menentukan target untuk bisa masuk dan belajar di beberapa universitas bergengsi adalah suatu hal yang penting.

Entah itu universitas bergengsi di kotamu, provinsimu, atau bahkan negaramu, kamu perlu memiliki harapan dan estimasi yang tinggi akan dirimu sendiri. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari universitas maju dan bergengsi.

Karena pada dasarnya, kuliah bukan sekedar aktivitasi di ruang kelas. Lebih dari itu, kegiatan perkuliahan melibatkan serangkaian interaksi kompleks dengan lingkugan sekitar kampus yang tentu akan sangat berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya.

Setidaknya ada 5 alasan mengapa kamu harus kuliah di universitas bergengsi.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Strong child via medium.com

Untuk menjadi mahasiswa dari kampus bergengsi, tentunya kita harus melalui rangkaian tes dan ujian yang tak mudah. Keberhasilan kita dalam menempuh dan melewati semua ujian tersebut dengan baik merupakan prestasi tersendiri.

Belum lagi, jika universitas yang dimaksud juga dikenal dengan segudang prestasinya yang membanggakan. Namun, jangan terlalu terlena dan puas begitu saja ketika berhasil masuk di salah satu universitas bergengsi di daerahmu. Kamu juga harus berpartisipasi dan turut aktif menyumbang prestasi yang akan semakin membawa nama baik kampusmu.

2. Fasilitas yang Lebih Memadai

Penelitian dan laboratorium kampus via satujam.com

Harga biasanya selalu berbanding lurus dengan fasilitas. Beberapa universitas terbaik memiliki fasilitas yang jauh lebih mumpuni baik untuk menunjang kegiatan akademik maupun minat dan bakatmu di kampus.

Untuk bisa kuliah di kampus bergengsi, kamu membutuhkan sokongan yang tak sedikit. Biasanya pihak universitas akan menetapkan standar harga selangit bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di universitas terkait.

Namun kamu tidak perlu khawatir, beberapa perguruan tinggi negeri telah bekerjasama dengan pemerintah untuk menekan biaya pendaftaran dan SPP untuk memudahkan mahasiswanya. Selain itu, banyak kesempatan beasiswa yang bertebaran jika kamu jeli dan mau berusaha untuk mencari informasi.

3. Akses Kesempatan yang Lebih Besar

Kesempatan berkarir di kampus ternama via news.wisc.edu

Sederet universitas bergengsi dikenal bukan karena gaya hidup dan pergaulan mahasiswanya saja. Mereka kebanyakan dikenal karena mampu meraih lusinan prestasi, atau menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dibutuhkan oleh pasar tenaga kera, ataupun Negara.

Jika kamu menjadi mahasiswa dari sebuah universitas bergengsi, kamu memiliki kakak tingkat atau alumni kampus yang telah menempati posisi-posisi sentral di berbagai bidang dan perusahaan, kamu bisa belajar banyak dari mereka.

Selain itu, universitas ini biasanya telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, dimana kamu bisa memanfaatkan hubungan tersebut untuk memulai karirmu bahkan selama kamu masih menimba ilmu di kampus.

4. Meningkatkan Kompetensi dan Daya Saing

Kompetensi dan daya kerja dalam tim via edumaxi.com

Tidak hanya dalam kegiatan akademik, organisasional, atau bahkan bisnis. Kamu akan bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang hebat di bidangnya masing-masing.

Selama kamu masih dalam proses mencari jati diri dan passionmu yang sebenarnya, kamu bisa mencicil untuk belajar dari pengalaman hebat dari orang-orang hebat yang telah sukses di bidangnya. Entah mereka masih menjadi mahasiswa, teman sekelas, kakak tingkat, atau bahkan alumni yang masih menjalin hubungan dengan pihak kampus.

Dengan mengenal apa yang telah dicapai dan dihasilkan oleh orang-orang di sekitarmu, kamu akan termotivasi untuk melakukan hal serupa. Dengan begitu, kamu akan senantiasa berusaha untuk mengembangkan kompetensi sekaligus meningkatkan daya saingmu.

5. Pergaulan yang Lebih Luas dan Beragam

Persahabatan saat kuliah via dissertationproviders.co.uk

Universitas bergengsi tentu menjadi sasaran dan incaran dari seluruh calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Oleh karenanya kamu akan bertemu banyak teman dari latar belakang etnis dan budaya yang berbeda-beda.

Kamu mungkin membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dari masing-masing dari mereka, namun ini adalah kesempatan emas bagimu. Dengan memiliki pergaulan yang luas dan beragam, kamu akan mendapatkan banyak cerita atau inspirasi dari kisah-kisah mereka, mengenal dekat dari sabang hingga merauke.

Jika beruntung, kamu mungkin memiliki kesempata untuk bisa berlibur ke tempat-tempat indah dengan biaya yang rendah, merintis dan mengembangkan bisnis di luar zona yang bisa kamu capai, yang selama ini bahkan belum pernah kamu bayangkan.


Kendati adalah suatu hal yang baik untuk menetapkan target pada universitas ternama, namun bukan berarti menjadi bagian dari mahasiswa salah satu deretan universitas bergengsi adalah keharusan. Kamu masih bisa mendapatkan apa yang kamu cita-citakan jika kamu benar bersungguh-sungguh. Tidak ada hasil yang menghianati usaha, tetap semangat dan raih apa yang ingin kamu capai.

Ilustrasi wisuda dari kampus favorit studybreaks.com

Written by Kreta Amura
Ada banyak keajaiban yang tercipta dari kesendirian seorang insan. Bayangkan, apa yang bisa dicapai umat manusia dengan suatu kebersamaan? Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *