Travel

5 Alasan Kenapa Harus Traveling Selagi Masih Muda

Tidak ada alasan untuk menunda traveling. Kalau sekarang bisa, buat apa menunggu nanti kalau sudah tua?

Avan Fadli Written by Avan Fadli
· 2 min read >
Mendapatkan Teman dan Jaringan Saat Traveling

Traveling atau berwisata kerap diasosiasikan dengan gaya hidup dan aktivitas bersenang-senang di sela-sela kegiatan atau kesibukan dalam kurun waktu tertentu. Khususnya bagi mereka yang kerap terjebak dengan peribahasa lama;

“Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian; Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”

Traveling merupakan sebuah gaya hidup yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang sudah berpunya, bukan untuk orang muda, dan hanya bisa dilakukan ketika kita sudah mendapatkan banyak materi di dunia ini. Namun, anggapan keyakinan tersebut kini justru terpatahkan. Traveling atau perjalanan wisata di era ini kemudian memiliki artian yang lebih luas, karena pada dasarnya banyak hal yang bisa dipetik, diambil, dan dipelajari dari kegiatan yang masih kerap dipandang sebagai aktivitas foya-foya dan dekat dengan hedonisme.

Ada setidaknya 5 alasan kuat yang dapat mendorong dan meyakinkan kamu, mengapa harus traveling selagi masih muda, alih-alih menunggu telah memiliki segalanya, atau bahkan melakukannya sedini mungkin. Meskipun tidak benar-benar dini.

1. Wawasan dan Pengalaman

Menikmati eksotisme sudut-sudut pantai via blog.ingleinternational.com

Dengan melakukan perjalanan wisata, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dengan latar bekalang budaya yang berbeda-beda. Dari sana, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan yang tentu akan sulit kamu temukan di bangku sekolah ataupun bangku kuliah.

Pengetahuan terkait cara bertahan hidup, berbudaya, hingga tentang bagaimana memaknai arti hidup. Kamu akan hidup dan merasakan banyak pengalaman baru bersama orang-orang asing. Pengalaman yang akan membuatmu merasakan kebahagiaan saat berada di sana, juga kerinduan saat telah meninggalkannya.

2. Lebih Mengenal Diri Sendiri dan Orang Lain

Traveling bersama pasangan via tripoto.com

Traveling adalah saat dimana kamu lebih banyak menghabiskan waktumu dengan dirimu dan orang lain. Tidak disibukkan dengan segudang tugas dari atasan, pekerjaan rumah yang menumpuk, juga keributan yang dihasilkan oleh anak-anak ataupun teman sekamarmu.

Dari sana, kamu akan lebih bisa memahami tentang dirimu sendiri. Apa yang kamu sukai, tidak disukai, perhatikan, bahkan apa yang kamu acuhkan. Kamu memiliki cukup banyak waktu untuk mengamati tentang dirimu, juga bagaimana orang lain bereaksi terhadapmu.

3. Mendapatkan Teman dan Memperluas Jaringan

Traveling asik ya traveling rame-rame via onetravel.com

Berinteraksi atau bahkan bepergian dengan orang-orang yang benar-benar baru bagimu, secara terus menerus, akan membuatmu lebih mudah bergaul dengan begitu cepat. Mendapatkan teman, jaringan, dan membuka kesempatan dan peluang besar di masa mendatang.

Entah itu terkait dengan karir, bisnis, ataupun persoalan-persoalan sepele seperti daftar orang yang bisa kita pinjam uangnya di tanggal-tanggal tua. Terlepas dari itu, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari jaringan pertemanan yang begitu luas. Namun pastikan untuk tetap mengambil beberapa dari mereka untuk dijadikan teman dekat, benar-benar dekat.

4. Membentuk Karakter dan Kepribadian

Solo traveling sebaga pribadi yang mandiri via yogimehtab.com

Menyaksikan begitu banyak perbedaan mulai dari agama, suku, ras kebiasaan, kepercayaan, dan pandangan akan membuatmu menjadi pribadi yang terbuka dan lebih menghargai orang lain. Selain itu, traveling membuatmu menjadi sosok yang mandiri, tidak bergantung pada orang lain, lebih menghargai waktu, efisien, tidak mudah mengeluh, serta dapat menghadapi segala masalah dan kepelikan yang tak dapat diprediksi dengan sikap yang lebih positif.

Sehingga, kamu mampu menemukan solusi yang benar-benar pas. Traveling mengajarkanmu banyak hal, termasuk membiasakan dirmu untuk bisa keluar dari zona nyamanmu, mencari tantangan dan pengalaman baru yang akan bisa merubah dirimu.

5. Memanjakan Diri di Sela Kesibukan

Bersantai di pantai sambil menikmati sunset via vantageoceancity.com

Dengan melihat banyak perbedaan, hal menyenangkan serta menantang, setidaknya kamu telah bisa terlepas dari semua kepenatan yang diakibatkan oleh rutinitas yang mencekik. Untuk itu, traveling menjadi sebuah solusi ataupun ritual untuk memanjakan diri dan menghilangkan stress, sehingga kamu bisa lebih produktif dalam bekerja.

Dengan melakukan traveling atau perjalanan wisata, kamu bisa mendapatkan banyak hal dari sela-sela waktu liburanmu hingga kamu benar-benar siap untuk menghadapi hari sibukmu. Seminggu, sebulan, atau bahkan setahun kedepan hingga kamu kembali melakukan perjalanan wisata dan siap untuk petualangan selanjutnya.


Pada akhirnya, traveling atau berwisata tidak selalu tentang bersenang-senang. Ada banyak kesempatan dan peluang yang bisa diambil dari sana, yang akan mempengaruhi hidup kamu. Lima tahun, sepuluh tahun, atau bahkan dua puluh tahun kedepan. Ketika kamu tak lagi memiliki waktu dan tenaga untuk bisa melakukan perjalanan jauh, melelahkan dan penuh tantangan.

Maka sekarang lah saatnya. Selagi masih muda dan bergelora.

Written by Avan Fadli
Berkelana mencari makna kehidupan. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *